Apoteker dari TNI AU dan AL Bangga Menjadi Relawan COVID-19

Majalah Farmasetika – Stay at Home atau diam di rumah, didengungkan pemerintah bagi warganya agar bisa memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Namun, hal itu berbeda bagi tenaga kesehatan seperti apoteker yang harus bertugas melayani pasien COVID-19 di berbagai fasilitas layanan kefarmasian.

Tak terkecuali bagi dua orang apoteker yang bertugas sebelumnya sebagai abdi negara di TNI Angkatan Laut (AL) dan TNI Angkatan Udara (AU), kali ini ditugaskan di Rumah Sakit Darurat COVID-19, Wisma atlet, Kemayoran, Jakarta.

Letda laut (K) apt. Hengki Sutrisno, S.Farm dari TNI AL dan Letda Kes apt. M. Arif GP, S.Farm dari TNI AU sedikit berbagi cerita kepada redaksi Majalah Farmasetika ditengah kesibukannya sebagai relawan COVID-19 (13/6/2020).

Layaknya anggota TNI lain, pertanyaan dari redaksi dijawab dengan singkat, padat, dan jelas.

“Melaksanakan tugas untuk mendukung sektor kesehatan” tutur Arif ketika ditanya terkait motivasi bergabung sebagai relawan sejak Mei 2020.

“Karena merupakan tugas TNI yakni Operasi Militer Selain Perang yang di dalamnya meliputi penanggulangan bencana, termasuk wabah penyakit” tambah Hengki yang masuk Wisma Atlet sejak April 2020.

Kedua apoteker ini merupakan alumni dari Apoteker Universitas Padjadjaran tahun 2018. Hengki memaparkan bahwa tugas sebagai relawan merupakan bagian dari sejarah kehidupannya. Keduanya sepakat selama bertugas di wisma atlet tidak ada permasalahan yang berarti selama koordinasi dilaksanakan dengan baik.

Apoteker memiliki peranan tersendiri di wisma atlet dalam membantu menangani pasien COVID-19 dan sangat diperhatikan pengelola wisma atlet.

“Apoteker berperan penting sekali terkait pelayanan kefarmasian serta pengelolaan obat dan material kesehatan non obat.” ujar Arif.

“Peran apoteker bisa sebagai peneliti untuk menemukan obat atau vaksin covid” tambah Hengki.

Baca :  30 Apoteker dan Staf Farmasi Ditangkap Terkait Penipuan dan Pencucian Uang

Keduanya bangga menjadi relawan COVID-19 dan berpesan agar jangan takut menjadi relawan.

“Jadikan ini ladang ibadah. Yakini Tuhan bersama kita” jelas Hengki.

“Mari berani dan rela bekerja bersama-sama demi kesehatan dan kebahagiaan semua.” jelas Arif.

Pesan khas mereka sebagai anggota TNI kompak memberikan wejangan kepada pembaca setia Majalah Farmasetika berikut ini :

“Farmasi ! bersama melawan Corona, bersama kita bisa. Tim Cobra ! pantang pulang sebelum Corona tumbang !”

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

praktek kefarmasian

Pelayanan Farmasi klinik dan Definisi Praktik Kefarmasian dalam RUU Praktik Kefarmasian

Majalah Farmasetika – Definisi Praktik Kefarmasian termaktup dlm pasal 108 UU 36/2009 tentang Kesehatan, yaitu …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.