Gambar oleh Tumisu dari Pixabay

Dokter di AS Ragukan Hasil Uji Klinik Deksametason untuk COVID-19

Majalah Farmasetika – Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus menyambut baik hasil positif dari deksametason terhadap pasien COVID-19, tetapi sejauh ini tidak dipublikasikan atau ditelaah oleh para ahli riset terhadap hasil uji coba RECOVERY dari Oxford mengenai deksametason.

“Ini adalah berita bagus dan saya mengucapkan selamat kepada Pemerintah Inggris, Universitas Oxford, dan banyak rumah sakit dan pasien di Inggris yang telah berkontribusi pada terobosan ilmiah yang menyelamatkan nyawa ini,” kata Tedros dalam rilis berita.

Namun, ada beberapa keraguan, termasuk dari dokter di Amerika Serikat (AS).

“Kami terkejut sebelumnya, tidak hanya selama pandemi coronavirus tetapi bahkan pra-COVID, dengan hasil yang menarik bahwa ketika kita memiliki akses ke data tidak begitu meyakinkan,” ujar Dr Kathryn Hibbert, direktur unit perawatan intensif medis di Harvard General Massachusetts, Harvard Rumah Sakit, kepada Reuters.

“Kita harus melihat seperti apa penelitian itu mengingat lingkungan retraksi (penarikan jurnal) saat ini.” Dr Thomas McGinn, wakil kepala dokter di Northwell Health di New York, menambahkan.

“Saya hanya menunggu untuk melihat data asli, melihat apakah itu ditinjau oleh rekan dan dipublikasikan dalam jurnal nyata.” Lanjutnya.

Namun, surat dari kepala petugas medis Inggris menjelaskan mengapa deksametason harus digunakan pada pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit serius dengan efek langsung.

“Biasanya kami akan menyarankan menunggu publikasi penelitian penuh sebelum mengubah praktik, untuk memastikan analisis akhir dan peer review tidak mengarah pada kesimpulan yang berbeda.” Menurut rilis berita dikutip dari medscape (21/6/2020).

“Namun, mengingat keunggulan mortalitas yang jelas ini, dengan signifikansi yang baik, dan dengan obat yang terkenal yang aman dalam keadaan ini, kami menganggap wajar untuk praktik mengubah sebelum makalah akhir,” tutupnya.

Sumber : UK COVID-19 Update: Dexamethasone Praise & Scepticism https://www.medscape.com/viewarticle/932477

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Kuwait Mulai Uji Klinik Avigan pada 1000 Pasien COVID-19

Majalah Farmasetika – Avigan (Favipiravir), obat yang digadang-gadang pemerintah Indonesia dapat digunakan dalam terapi COVID-19, …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.