Tes Baru Bisa Prediksi Bayi Akan Terkena Diabetes Tipe 1

Majalah Farmasetika – Penelitian terbaru yang diterbitkan di Nature Medicine (7/8/2020) telah menemukan pendekatan baru untuk memprediksi bayi mana yang akan mengembangkan diabetes tipe 1 (T1D) dengan menggabungkan beberapa faktor yang memengaruhi risiko T1D, menurut siaran pers (10/8/2020).

Para peneliti mengikuti 7.798 anak berisiko tinggi mengembangkan T1D sejak lahir selama 9 tahun dari 7 situs internasional.

Studi tersebut, yang dikenal sebagai TEDDY, memberikan data yang cukup untuk memungkinkan para peneliti mengembangkan metode yang menggabungkan beberapa faktor yang memengaruhi kemungkinan seorang anak mengembangkan T1D. Skor risiko gabungan ini menggabungkan genetika, faktor klinis seperti riwayat keluarga diabetes, dan jumlah autoantibodi pulau langerhans, yang merupakan penanda biologis yang diketahui terlibat dalam T1D, dikutip dari pharmacytimes.

Para peneliti menemukan bahwa pendekatan gabungan secara signifikan meningkatkan prediksi anak-anak mana yang akan mengembangkan T1D, yang berpotensi memungkinkan konseling risiko diabetes keluarga yang lebih baik, menurut penelitian tersebut. Selain itu, pendekatan baru menggandakan efisiensi program untuk menyaring bayi baru lahir untuk mencegah ketoasidosis, di mana kekurangan insulin menyebabkan darah menjadi terlalu asam.

“Saat ini, 40% anak yang terdiagnosis T1D mengalami komplikasi ketoasidosis yang parah,” kata Lauric Ferrat, MD, penulis utama dari penelitian ini .

“Untuk anak-anak yang sangat muda ini mengancam nyawa, mengakibatkan perawatan intensif yang lama dan dalam beberapa kasus bahkan kelumpuhan atau kematian. Menggunakan pendekatan gabungan baru kami untuk mengidentifikasi bayi mana yang akan mengidap diabetes dapat mencegah tragedi ini, dan memastikan anak-anak berada di jalur pengobatan yang benar sejak dini, yang berarti kesehatan yang lebih baik. ” lannjutnya.

Para peneliti mengatakan pendekatan gabungan dapat diluncurkan untuk memprediksi timbulnya penyakit lain dengan komponen genetik yang kuat yang dapat diidentifikasi di masa kanak-kanak, seperti penyakit celiac.

Baca :  Khasiat Daun Salam Sebagai Obat Diabetes

Sumber : New test better predicts which babies will develop type 1 diabetes. University of Exeter. https://www.exeter.ac.uk/news/research/title_809132_en.html. Published August 7, 2020.

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

500 Ventilator Canggih Bantuan AS Akan Diedarkan ke RS di Indonesia

Majalah Farmasetika – Pemerintah Indonesia menerima bantuan 500 ventilator tipe LTV 2200 series beserta aksesoris …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.