FIP Dorong Pemerintah Berikan Kewenangan Apoteker untuk Tes dan Vaksinasi COVID-19

Majalah Farmasetika – Federasi Farmasi Internasional (International Pharmaceutical Federation/FIP) telah mengeluarkan seruan untuk bertindak kepada pemerintah agar mendukung tim farmasi di garis depan.

Pada hari Selasa (14/4/2020), FIP meminta pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya untuk melakukan tindakan mendesak sehingga apoteker dapat memainkan peran yang lebih besar dalam memerangi virus corona / COVID-19.

Tindakan FIP termasuk pengakuan untuk apoteker dan staf apotek sebagai pekerja kunci; akses ke peralatan pelindung yang sesuai; tes untuk virus corona; pendanaan untuk pengiriman obat ke rumah bagi pasien yang harus tinggal di rumah; identifikasi dan rencana mitigasi untuk obat-obatan yang berisiko kekurangan; dan bantuan keuangan untuk apotek jika terjadi penutupan sementara karena alasan kesehatan.

Ini juga menyerukan agar layanan yang tepat disediakan untuk mendukung kesehatan mental dan kesejahteraan tim farmasi, dan meminta pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya untuk memastikan bahwa apoteker mendapatkan istirahat yang memadai selama shift dan waktu istirahat antar shift.

“Layanan berharga yang diberikan apoteker dan timnya kepada komunitas, dan kontribusi penting mereka untuk mengurangi tekanan besar yang ditempatkan pada sistem kesehatan selama pandemi virus corona / COVID-19 saat ini menjadi lebih jelas dari sebelumnya,” kata Presiden FIP Mr Dominique Jordan dikutip dari Pharmacy.biz.

Dia menambahkan: “Apoteker di apotek komunitas dan rumah sakit serta laboratorium biologi klinis berbagi dalam tekanan yang sangat besar untuk mencegah penyebaran penyakit virus corona baru. Sayangnya, kami telah menyaksikan kematian apoteker terkait COVID-19 dan banyak apoteker memiliki pasien yang meninggal karena infeksi. “

FIP menuntut otorisasi dan pemanfaatan jaringan apotek untuk berkontribusi pada pengujian massal di seluruh populasi dan investasi lebih lanjut dalam serta pengembangan infrastruktur untuk memastikan sistem kesehatan siap untuk imunisasi massal ketika vaksin COVID-19 tersedia.

Baca :  Banyak Bahan Baku dari China, Persediaan Obat Menipis Karena COVID-19

Sumber :

International pharmacy body issues urgent ‘call to action’ to support frontline pharmacy teams https://www.pharmacy.biz/international-pharmacy-body-issues-urgent-call-to-action-to-support-frontline-pharmacy-teams/

Loader Loading…
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab
Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Pemerintah AS Izinkan Apoteker Pesan dan Berikan Vaksinasi COVID-19 ke Pasien

Majalah Farmasetika – Dalam upaya memperluas akses ke penyakit coronavirus 2019 (COVID-19), Pemerintah Amerika Serikat …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.