500 Ventilator Canggih Bantuan AS Akan Diedarkan ke RS di Indonesia

Majalah Farmasetika – Pemerintah Indonesia menerima bantuan 500 ventilator tipe LTV 2200 series beserta aksesoris lengkap dari Amerika Serikat (AS). Bantuan tersebut merupakan tahap ke dua dari total 1.000 ventilator hibah Pemerintah AS yang akan didistribusikan ke Rumah Sakit di Indonesia yang merawat pasien COVID-19.

Sebelumnya pada tanggal 22 Juli 2020, 100 unit ventilator pengiriman pertama telah tiba di Bandara Soekarno Hatta dan telah dilakukan Berita Acara Serah Terima antara Kepala Pusat Krisis Kesehatan, Budi Silvana dan Direktur USAID, Pamela Foster.

Serah terima bantuan dilaksanakan secara simbolis oleh Duta Besar Amerika Serikat Heather Variava kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Terminal Selatan Pangkalan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta (30/8).

“Hari ini hadir di Bandara Halim untuk menyambut datangnya tambahan 500 ventilator baru dan canggih di Indonesia. Tentunya bantuan ini bagian dari total 1000 ventilator buatan Amerika yang kami donasikan kepada kawan-kawan kami di Indonesia,” kata Dubes AS.

Heather berharap ventilator produksi perusahaan AS Vyaire Medical tersebut, dapat memberikan Indonesia fleksibilitas yang lebih besar dalam merawat para pasien COVID-19.

“Kami terus berkomitmen untuk bermitra dengan pemerintah dan rakyat Indonesia dalam menyelamatkan nyawa dan berupaya menuju pembukaan kembali ekonomi Indonesia secara aman,” imbuhnya.

Sementara itu, atas bantuan yang diberikan Menhan Prabowo menyampaikan ucapan terima kasihnya serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah AS atas komitmennya dalam membantu Indonesia mengendalikan COVID-19. Hal ini sekaligus sebagai bukti hubungan kedua negara berjalan dengan sangat baik.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi untuk persahabatan, kerjasama, empati dan solidaritas dari Pemerintah dan seluruh warga Amerika Serikat, atas konsistensinya untuk membantu melawan COVID-19 di Indonesia,” kata Prabowo.

Baca :  Pakar UGM : Disinfektan Beresiko Kanker, Basmi Virus COVID-19 di Permukaan Benda

Setelah diterima Menteri Pertahanan, selanjutnya ventilator diserahkan kepada Menteri Kesehatan yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan.

Pada kesempatan yang sama, Sekjen menyerahkan secara simbolis sejumlah ventilator yang dialokasikan untuk Provinsi DKI Jakarta. Bantuan diterima oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta.

Dengan diterimanya bantuan ventilator tersebut, Kemenkes bergerak cepat dengan melakukan penguatan dan peningkatan kapasitas SDM melalui pelatihan operasionalisasi ventilator bagi 60 tenaga kesehatan yang terdiri dari Dokter ICU, Perawat ICU dan Tenaga Teknisi Elektromedik dari 16 Rumah Sakit penerima ventilator.

Pelatihan telah dilakukan pada tanggal 24 Agustus 2020 di Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan tanggal 28 Agustus 2020 di Dinkes Provinsi Jawa Barat.

Sumber : Indonesia Terima Bantuan 500 Ventilator dari Amerika Serikat http://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20200831/4334739/indonesia-terima-bantuan-500-ventilator-amerika-serikat/

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Tes COVID-19 Lewat Air Liur Disetujui FDA, Seefektif Tes Swab Hidung

Majalah Farmasetika – Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) pada hari Sabtu (14/8/2020) …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.