Hari Apoteker Sedunia 2020, PP IAI Kampanyekan Cermat Menyikapi Informasi dan Peredaran Obat Online

Majalah Farmasetika – Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI) bersiap menyambut hari apoteker sedunia (World Pharmacist Day) yang akan serentak dilaksanakan pada 25 September 2020. Tahun ini PP IAI mengambil tema “Cermat Menyikapi Informasi dan Peredaran obat Online”.

Peringatan WPD setiap tanggal 25 September telah dimulai sejak tahun 2009 selalu dijadikan momentum untuk menunjukkan kontribusi apoteker kepada dunia agar pasien maupun masyarakat mendapatkan manfaat terbesar ketika mengakses obat maupun teknologi kesehatan.

Tema WPD tahun 2020 adalah “Transforming Global Health”, merujuk pada transformasi pelayanan, karya maupun pengabdian apoteker dalam menterjemahkan praktik kefarmasian.

Perkembangan teknologi berpengaruh besar di dunia farmasi, termasuk menciptakan trend baru untuk mendapatkan obat beserta informasinya secara online. Hal ini perlu diwaspadai oleh apoteker mengingat belum adanya sertifikasi pelayanan obat maupun informasinya secara online sehingga tidak menutup kemungkinan masyarakat mendapat dampak yang berbahaya karena ketidaktahuan dan misinformation.

“Pada peringatan WPD 2020 ini, PP IAI mengajak kepada semua anggotanya untuk memberikan edukasi agar masyarakat terhindar dampak yang tidak diinginkan ketika mengakses informasi, obat maupun teknologi kesehatan secara online.” tulis sebuah pernyataaan PP IAI.

PP IAI telah merencanakan kegiatan secara Nasional sebagai berikut:

  1. Pemasangan twibbon di media sosial
  2. Kompetisi video edukasi masyarakat antar PC IAI
  3. Kampanye DAGUSIBU dimana Apoteker menjadi “Guru Tamu” di SMA/K atau yang
    sederajat (secara virtual) dengan tema “Kehati-hatian menyikapi peredaran informasi
    dan obat secara online”
  4. Webinar
  5. Apoteker Berbagi Ilmu untuk Masyarakat Umum bersama PKK seluruh
  6. Indonesia

Kegiatan selengkapnya

Loader Loading…
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab
Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca :  Apoteker Diminta Jadi Relawan COVID-19, PP IAI Minta Insentif Diperhatikan Menkeu

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Unpad Buka S2 Farmasi By Research Pertama di Indonesia

Majalah Farmasetika – Program Studi (Prodi) Magister Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Padjadjaran (Unpad) membuka Program …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.