Pemerintah AS Izinkan Apoteker Pesan dan Berikan Vaksinasi COVID-19 ke Pasien

Majalah Farmasetika – Dalam upaya memperluas akses ke penyakit coronavirus 2019 (COVID-19), Pemerintah Amerika Serikat (AS) melalui Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (HHS) telah memberi wewenang kepada apoteker berlisensi di negaranya untuk memesan dan mengelola vaksinasi COVID-19 setelah tersedia untuk pasien berusia 3 tahun ke atas.

“Tindakan ini dibangun di atas kemajuan Administrasi kami dalam memberikan vaksin yang aman, efektif, dan tersedia secara luas pada tahun 2021,” kata Asisten Sekretaris Kesehatan Laksamana Brett P. Giroir, MD, dalam siaran pers.

“Mengizinkan apoteker memesan dan mengelola vaksin COVID-19 akan sangat memperluas akses mudah bagi rakyat Amerika.” lanjutnya dikutip dari pharmacytimes.

Di bawah panduan baru, apoteker atau apoteker magang berlisensi harus menyelesaikan program pelatihan praktis minimal 20 jam yang disetujui oleh Dewan Akreditasi untuk Pendidikan Farmasi (ACPE) dan harus menyelesaikan minimal 2 jam pendidikan berkelanjutan terkait imunisasi yang disetujui ACPE selama setiap periode apotek negara bagian, selain persyaratan biasa, seperti pencatatan yang sesuai dan memiliki sertifikat CPR saat ini

Asosiasi Apoteker Amerika (APhA) memuji pengumuman tersebut, dengan mengatakan bahwa mereka mengakui peran penting apoteker dalam pandemi.

“Ini adalah berita yang luar biasa,” kata Scott J. Knoer, MS, PharmD, FASHP, wakil presiden eksekutif dan CEO APhA, dalam sebuah pernyataan.

“Ini dengan tepat mengakui bahwa apoteker memiliki peran penting dalam respons bangsa terhadap pandemi ini. Ini meningkatkan akses pasien ke perawatan selama keadaan darurat ini dengan penyedia yang mereka percayai, pada waktu dan tempat yang nyaman bagi mereka.” Lanjutnya.

Tindakan tersebut merupakan bagian dari gerakan yang berkembang untuk memperluas kemampuan apoteker dan staf farmasi dalam memenuhi kebutuhan pasien selama pandemi COVID-19.

Baca :  PP IAI : Berita Metro TV Terkait Produsen Vaksin Palsu Merugikan Profesi Apoteker

Pada 19 Agustus, HHS memberi wewenang kepada semua apoteker dan apoteker berlisensi negara bagian untuk memesan dan mengelola vaksin untuk pasien berusia 3 hingga 18 tahun dalam upaya untuk meningkatkan akses ke vaksin anak-anak dan mengurangi risiko wabah penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin.

Langkah tersebut dipuji oleh kelompok advokasi farmasi teratas, termasuk Asosiasi Apoteker Amerika, Asosiasi Toko Obat Rantai Nasional (NACDS), dan Asosiasi Apoteker Komunitas Nasional.

“Ini adalah keputusan kesehatan masyarakat yang sangat penting untuk memastikan kaum muda Amerika, keluarga mereka, komunitas kita, dan bangsa kita dapat memperoleh manfaat lebih sepenuhnya dari vaksin penyelamat hidup dan dari pendidikan, kepercayaan dan aksesibilitas tertinggi dari apotek dan apoteker,” kata Presiden NACDS dan CEO Steven C. Anderson dalam sebuah pernyataan setelah pengumuman HHS di bulan Agustus.

Sumber :

Trump Administration Takes Action to Expand Access to COVID-19 Vaccines [news release]. Department of Health and Human Services; September 9, 2020. https://www.hhs.gov/about/news/2020/09/09/trump-administration-takes-action-to-expand-access-to-covid-19-vaccines.html.

APhA Hails HHS Announcement Authorizing Pharmacists to Administer COVID-19 Vaccines [news release]. American Pharmacists Association; September 9, 2020. Email.

HHS Authorizes Pharmacists to Order, Administer COVID-19 Vaccine https://www.pharmacytimes.com/news/hhs-authorizes-pharmacists-to-order-administer-covid-19-vaccine

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Amazon Launching Layanan Apotek Online Antarkan Obat Resep

Majalah Farmasetika – Raksasa belanja online Amazon telah mengumumkan 2 penawaran apotek, termasuk Amazon Pharmacy …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.