Studi Baru Perkuat Bukti Penularan COVID-19 Lewat Udara di Ruang Tertutup

Majalah Farmasetika – Bukti semakin memperkuat terjadinya penularan penyakit coronavirus 2019 (COVID-19) di udara (airborne) di ruang tertutup, menurut sebuah penelitian baru-baru ini yang diterbitkan di JAMA Internal Medicine.

Pandemi COVID-19 telah menyebabkan lebih dari 1 juta kematian dan ada lebih dari 33,5 juta kasus di seluruh dunia, menurut Organisasi Kesehatan Dunia. Sebagian besar diyakini bahwa COVID-19 disebarkan melalui kontak dekat melalui tetesan. Namun, para peneliti mengatakan bahwa langkah-langkah jarak sosial yang diterapkan secara luas dan peningkatan mencuci tangan gagal mencegah penularan dalam skala global.

Penyelidik melacak infeksi ke acara ibadah luar ruangan besar di provinsi Zhejiang, Cina. Beberapa peserta naik 2 bus ke acara tersebut, keduanya memiliki jendela tertutup dan AC menyala. Salah satu bus berisi pasien COVID-19 dan yang lainnya tidak.

Dari penumpang yang jatuh sakit, mayoritas naik bus yang sama dengan pasien sumber, menurut penelitian. Bahkan setelah 2 kelompok bercampur kemudian dengan kerumunan yang lebih besar, kasus yang dikaitkan langsung dengan peristiwa tersebut jauh lebih rendah, yang menunjukkan bahwa bus adalah sumber utama penularan, menurut penelitian tersebut.

“Memahami rute penularan COVID-19 sangat penting untuk mengatasi pandemi, sehingga strategi pencegahan yang efektif dapat dikembangkan dengan menargetkan semua rute penularan potensial,” kata penulis utama studi Ye Shen, PhD, profesor epidemiologi dan biostatistik di University of Georgia’s College Kesehatan Masyarakat, dikutip dari pharmacytimes.

“Temuan kami memberikan dukungan yang kuat untuk mengenakan penutup wajah di lingkungan tertutup dengan ventilasi yang buruk.” Lanjutnya

Sumber :

Study supports airborne spread of COVID-19 indoors [News Release] September 29, 2020; Athens, GA. https://www.eurekalert.org/pub_releases/2020-09/uog-ssa092920.php. 

New Study Supports Airborne Transmission of COVID-19 in Enclosed Spaces https://www.pharmacytimes.com/news/new-study-supports-airborne-transmission-of-covid-19-in-enclosed-spaces

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca :  Tanpa Intervensi Pemerintah, 240 Ribu Rakyat Indonesia Meninggal Karena COVID-19

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

5 Obat yang Sering Dikonsumsi Ini Bisa Merusak Hati

Majalah Farmasetika – Parasetamol, alupurinol, amoksilin-klavulanat, atorvastatin, dan valporate adalah beberapa obat yang berpotensi merusak …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.