PP IAI : Apoteker Berperan Penting Sukseskan Vaksinasi COVID-19

Majalah Farmasetika – Apoteker memiliki 3 peranan penting dalam menyukseskan program vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan pemerintah.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Pengurus Ikatan Apoter Indonesia (PP IAI), Nurul Falah Eddy Pariang, dalam sambutan Webinar ke 73 kemarin (12/12/2020).

“Peran apoteker yang bekerja di Industri Farmasi tertentu tentunya memiliki tanggungjawab dalam menyediakan vaksin, baik itu impor atau produksi sendiri” ujar Nurul.

Ketum PP IAI melanjutkan peran bagi apoteker di Industri terkait vaksinasi COVID-19 adalah bertanggungjawab dalam penyaluran rantai vaksin agar kualitas vaksin tetap terjaga.

“Yang paling utama tentunya bagi apoteker di bidang pelayanan yang berperan langsung dalam melayani kepada masyarakat bekerjasama dengan tenaga medis dan kesehatan lainnya” lanjut Nurul.

Nurul menegaskan bahwa tanggung jawab apoteker adalah untuk memastikan vaksin COVID-19 aman, berkhasiat, dan menjaga mutu vaksin.

“Peran yang kedua adalah komunikasi vaksinasi kepada masyarakat yang baik berbasis fakta ilmiah agar masyarakat termotivasi untuk divaksinasi” tegas Nurul.

“Peran ketiga bagi apoteker di pelayanan adalah ikut serta melaporkan apabila adanya kejadian ikutan pasca vaksinasi” jelasnya.

PP IAI berharap seluruh apoteker di Indonesia dapat menyukseskan program vaksinasi COVID-19 baik yang saat ini sudah disiapkan pemerintah atau vaksin reguler yang nantinya akan ada secara bertahap. (Red./NW).

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Ketibaan 15 juta dosis bahan baku vaksin COVID-19 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (Foto: Biro Pers Setpres/Lukas)

Jenis Vaksin Gotong Royong Tak Boleh Sama dengan Vaksin Gratis Pemerintah

Majalah Farmasetika – Pemerintah telah memutuskan pengadaan vaksin mandiri atau saat ini dikenal sebagai vaksin …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.