Project Milenial featuring news blogs and tutorials Adjustable Beds – Not Just For The Elderly! How A Dermatologist Can Help With Acne Problems Aromatherapy And Kids Amazingly Simple Skin Care Tips For People With Acne
Gambar oleh Chokniti Khongchum dari Pixabay

Hasil Riset : Masitinib Potensial Sebagai Antikanker Pankreas

Majalah Farmasetika – Artikel penelitian yang baru-baru ini dipublikasikan dan ditinjau oleh sejawat ilmuwan menyimpulkan bahwa penghambatan sel mast dengan masitinib AB Science dapat mewakili pendekatan antiangiogenetik baru pada kanker pankreas.

Terapi antiangiogenik mengurangi pertumbuhan pembuluh darah baru yang dibutuhkan tumor untuk tumbuh dan bermetastasis.

Masitinib adalah inhibitor tirosin kinase yang diberikan secara oral, yang memodulasi aktivitas sel mast dan makrofag dengan menargetkan sejumlah kinase tanpa menghambat, pada dosis terapeutik, kinase yang terkait dengan toksisitas yang diketahui.

Artikel berjudul Sel Mast Positif untuk Reseptor c-Kit dan Triptase Berkorelasi dengan Angiogenesis di Jaringan Pankreas Normal Kanker dan Berdekatan telah diterbitkan dalam jurnal Cells.

Studi baru meneliti aktivitas sel mast melalui imunohistokimia dan analisis gambar, pada serangkaian pasien kanker pankreas non-metastatik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai penanda aktivitas sel mast meningkat pada jaringan adenokarsinoma duktus pankreas dibandingkan dengan jaringan normal yang berdekatan, dan bahwa sel mast sangat terkait dengan angiogenesis pada jaringan kanker pankreas.

Peneliti juga menemukan bahwa kepadatan sel mast positif tryptase dan luas sel mast positif tryptase adalah biomarker jaringan yang dapat memprediksi respon masitinib.

Temuan ini mendukung hasil dari studi Fase III konfirmasi AB12005, mengevaluasi masitinib dalam kombinasi dengan gemcitabine sebagai pengobatan lini pertama pasien kanker pankreas metastatik stadium lanjut atau metastatik yang tidak dapat dioperasi dengan nyeri. Dalam uji coba, nyeri dihipotesiskan sebagai penanda aktivasi sel mast.

Pada populasi dengan tumor stadium lanjut yang tidak dapat dioperasi dengan nyeri, kelompok pengobatan masitinib menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kelangsungan hidup secara keseluruhan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Perbedaan antara kelompok dalam median OS adalah 1,8 bulan untuk masitinib, dengan rasio bahaya 0,46 kematian, mewakili penurunan risiko kematian sebesar 54% untuk pasien yang diobati dengan masitinib dibandingkan dengan kontrol.

Baca :  α-Mangostin dari Buah Manggis, Kandidat Obat Antikanker Baru

Dr Andrew Hendifar, Kepala Onkologi Gastrointestinal di Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles, mengatakan: “Penelitian ini memberikan bukti baru dan kuat yang mengkonfirmasi relevansi target sel mast pada kanker pankreas.

“Selain itu, penanda jaringan yang teridentifikasi berpotensi digunakan sebagai alternatif atau penanda tambahan untuk nyeri saat memulai pengobatan masitinib pada pasien dengan kanker pankreas stadium lanjut secara lokal.”

Sumber :

Mast Cells Positive for c‐Kit Receptor and Tryptase Correlate with Angiogenesis in Cancerous and Adjacent Normal Pancreatic Tissue https://www.mdpi.com/2073-4409/10/2/444

New research article confirms role of masitinib as a potential pancreatic cancer therapy http://www.pharmafile.com/news/571422/new-research-article-confirms-role-masitinib-potential-pancreatic-cancer-therapy

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Moderna Umumkan Hasil Studi Obat mRNA yang Menjanjikan untuk Gagal Jantung

Majalah Farmasetika – Perusahaan bioteknologi Moderna telah mengumumkan data positif dari uji coba EPICCURE Fase …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.