Pertama di Indonesia, 5 Prodi Farmasi Unpad Raih Akreditasi Internasional

Majalah Farmasetika – Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran berhasil meraih rekognisi internasional dari lembaga akreditasi ASIIN (The Accreditation Agency for Study Programmes in Engineering, Informatics, Natural Sciences and Mathematics) untuk 5 Program Studi (Prodi) di semua jenjang, yakni Sarjana Farmasi, Profesi Apoteker, Magister Farmasi, Magister Farmasi Klinik, dan Doktor Farmasi.

Prestasi ini menjadikan Fakultas Farmasi pertama di Indonesia yang terakreditasi internasional untuk seluruh Prodinya, dikutip dari media sosial resmi Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran (18/3/2022).

Apa itu ASIIN?

ASIIN merupakan asosiasi nirlaba yang didirikan pada Juli 1999. Sejak itu telah memberikan dukungan ahli kepada universitas Jerman dan internasional dalam pelaksanaan prosedur akreditasi pada tingkat program dan institusi. Ini adalah pemimpin nasional dan internasional dalam akreditasi program di bidang teknik, ilmu alam, matematika, ilmu komputer serta kedokteran dan ekonomi.

ASIIN didukung oleh aliansi yang mencakup universitas, asosiasi fakultas, masyarakat teknis dan ilmiah, organisasi profesional dan asosiasi bisnis yang berkomitmen bersama untuk pengembangan kualitas di pendidikan tinggi. Dewan Penasihat Industri ASIIN mendukung perumusan persyaratan praktik profesional untuk pendidikan universitas modern.

Di dalam ASIIN, universitas dan komunitas bisnis bekerja sama pada pijakan yang sama untuk mengembangkan standar kualitas yang diakui secara internasional; kriteria khusus subjek kami terus dikembangkan dan dikoordinasikan secara internasional dalam kemitraan strategis dengan asosiasi fakultas universitas. Dengan demikian ASIIN memberikan kontribusi yang menentukan untuk memastikan standar pendidikan yang tinggi dan transparansi pasar, sambil memfasilitasi mobilitas akademik dan profesional baik secara nasional maupun internasional.

ASIIN Consult GmbH didirikan pada tahun 2007 dan 100% dimiliki oleh ASIIN e.V. Ini terintegrasi ke dalam organisasi ASIIN secara keseluruhan dan dibangun berdasarkan pengalaman dan keahliannya. ASIIN Consult melengkapi berbagai layanan asosiasi dengan mensertifikasi lembaga dan program pendidikan berkelanjutan, melakukan evaluasi, memberikan layanan konsultasi kepada universitas, lembaga penjaminan mutu dan kementerian serta menawarkan lokakarya dan menyelenggarakan konferensi. Selain itu, ia terlibat dalam pengembangan universitas dan sistem pendidikan di seluruh dunia.

Baca :  Mahasiswa Unpad Ciptakan Pasta Gigi Bentuk Tablet Ramah Lingkungan

Diakui Kemendikbud

Pada tahun 2021, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Kemendikbud merilis daftar lembaga akreditasi internasional yang diakui oleh Kemendikbud.

European Quality Assurance Register for Higher Education (EQAR) menjadi rekomendasi yang pertama dari Kemendikbud.

ASIIN sendiri telah berhasil menyelesaikan prosedur akreditasi ulang untuk melanjutkan listingannya di European Quality Assurance Register for Higher Education – EQAR. Pada pertemuannya pada 15 Oktober 2021, Komite Registrasi EQAR memperpanjang pendaftaran ASIIN hingga 31 Agustus 2026, dengan demikian mengonfirmasi kepatuhan ASIIN terhadap Standar dan Pedoman Eropa (ESG).

Sumber

About ASIIN https://www.asiin.de/en/about-asiin.html

Daftar Lembaga Akreditasi Internasional Diakui Kemendikbud https://sevima.com/daftar-lembaga-akreditasi-internasional-diakui-kemendikbud/

Share this:

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi majalah populer. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Menkes Rilis Regulasi Baru Akreditasi Puskesmas, Labkes, Klinik, Dokter Praktik Mandiri

Majalah Farmasetika – Menteri Kesehatan (Menkes) mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes/PMK) Nomor 34 Tahun 2022 …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.