KFN Harap Apoteker Baru Jadi Pelopor Praktik Kefarmasian yang Berbudi Luhur

Majalah Farmasetika – Perwakilan Komite Farmasi Nasional (KFN), Drs. apt. Nurul Falah Eddy Pariang, berharap bahwa apoteker baru menjadi pelopor praktik kefarmasian yang berbudi luhur.

Hal ini disampaikan dalam Sidang Terbuka Pengambilan Sumpah / Janji Apoteker Lulusan Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022 Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran yang bertempat di Auditorium Gedung Dekanat Fakultas Farmasi pada Selasa (15/3).

Pengambilan Sumpah/Janji Apoteker yang merupakan kali keempat diselenggarakan secara hybrid yaitu kombinasi antara penyelenggaraan luring dan daring diikuti oleh 44 apoteker yang disiarkan secara langsung melalui streaming Youtube Fakultas Farmasi dan dipandu oleh Komite Farmasi Nasional (KFN) sebagai representasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Farmasi Unpad Prof. Dr. apt. Ajeng Diantini, M.Si., Wakil Dekan Bidang Pembelajaran, Kemahasiswaan dan Riset Prof. Dr. apt. Aliya Nur Hasanah, S.Si., M.Si., Ketua Program Studi Profesi Apoteker, Dr. apt. Ida Musfiroh, M.Si., perwakilan Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia, Prof. Dr. apt. Keri Lestari, M.Si., dan perwakilan Komite Farmasi Nasional, apt. Drs. Nurul Falah Eddy Pariang, serta perwakilan dari Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Barat,  drg. Juanita Paticia Fatima, M.K.M. dan perwakilan dari PD IAI Jawa Barat apt. Farhan, M.Farm. yang hadir secara daring.

Dalam laporannya, Ketua Program Studi PSPA  Dr. apt. Ida Musfiroh, M.Si menyampaikan bahwa sebanyak 44 orang yang mengikuti Sumpah Apoteker dinyatakan lulus setelah diuji melalui Ujian OSCE internal (institusi), sidang komprehensif dan Uji Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI) metode Computer Based Test (CBT) Nasional.

Pada kesempatan ini Ida juga menyampaikan ucapan selamat dan berharap agar para Apoteker baru dapat menunjukkan pengabdian terbaik untuk kemaslahatan masyarakat.

“Selamat dan Sukses buat Apoteker baru lulusan semester ganjil 2021/2022, tunjukkan pengabdian terbaikmu untuk kemaslahatan masyarakat”, Ujar Ida.

Sambutan juga disampaikan oleh Komite Farmasi Nasional yang disampaikan oleh apt. Drs. Nurul Falah Eddy Pariang. Dalam sambutannya KFN menyampaikan bahwa IAI berupaya untuk menjadikan Apoteker yang berbudi luhur disamping sikap professional dan bertanggung jawab.

Baca :  Tenaga Kefarmasian Bisa Registrasi untuk Vaksinasi COVID-19

“Kompetensi yang dimiliki apoteker merupakan tanda bahwa Apoteker cakap dalam melaksanakan praktek kefarmasian. Peningkatan kompetensi pada apoteker dilakukan dengan “learning by doing” seiring dengan peningkatan jam terbang dan permasalahan yang ditemui.” Jelas Nurul.

“Diharapkan apoteker baru menjadi pelopor praktik kefarmasian yang berbudi luhur” lanjutnya.

Pada kesempatan ini juga diberikan penghargaan kepada lulusan Program Studi Profesi Apoteker Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022 yang disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaa Fakultas Farmasi Prof. Dr. apt. Aliya Nur Hasanah, S.Si., M.Si. Adapaun peraih penghargaan tersebut yaitu apt. Tita Kusuma Wardani, S.Farm  peraih  Dexa Award yang merupakan lulusan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi 3,90. Penghargaan selanjutnya adalah Novell Award dengan kriteria  Nilai Uji Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI) diberikan kepada apt. Zahra Umami, S.Farm dengan nilai 89,00 sekaligus menjadi peraih nilai UKAI tertinggi pertama tingkat nasional dan apt. Widi Mulyantari, S.Farm dengan nilai 85,50. Selanjutnya adalah peraih Cendo Award dengan kriteria penghafal Alquran diberikan kepada apt. Indah Pertiwi, S.Farm., sebanyak 4 Juz dan apt. Yusuf Prakoso, S.Farm., sebanyak 3 juz..*(WEP)

Sumber

Apoteker Baru Diharapkan Jadi Pelopor Praktik Kefarmasian yang Berbudi Luhur https://farmasi.unpad.ac.id/2022/03/apoteker-baru-diharapkan-jadi-pelopor-praktik-kefarmasian-yang-berbudi-luhur/

Share this:

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Terapi Baru dengan Transdermal Asenapine untuk Skizofrenia

Majalah Farmasetika – Sistem transdermal asenapine (HP-3070), lebih unggul daripada plasebo dalam mengurangi permusuhan terkait …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.