Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag Menggunakan Ramuan Kunyit

Majalah Farmasetika – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu oleh setiap umat islam karena merupakan bulan yang dipenuhi keberkahan didalamnya. Selama bulan Ramadhan umat islam berpuasa dimana seseorang harus menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa tersebut dimulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Apakah orang sakit tetap berpuasa?

Meskipun ibadah puasa Ramadhan merupakan kewajiban yang harus dijalani umat muslim, namun dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa sebab yang membolehkan ibadah puasa Ramadhan ini ditinggalkan salah satu diantaranya adalah orang sakit.

Penyakit maag saat berpuasa

Maag merupakan salah satu penyakit yang sering dirasakan saat berpuasa, maag adalah penyakit yang terdapat pada bagian lambung manusia yang terjadi akibat tingginya produksi asam lambung. Selama berpuasa tidak adanya asupan makan dan minum selama 14 jam namun lambung tetap memproduksi asam walaupun tidak ada asupan yang dapat dicerna sehingga menimbulkan gelaja maag.

Sebagai umat muslim pastinya meninggalkan puasa saat bulan Ramadhan merupakan hal yang berat dan tidak ingin dilakukan. Dalam upaya pencegahan penyakit maag selama berpuasa dapat dilakukan beberapa cara, diantaranya perbaikan pola hidup, terapi menggunakan obat-obatan kimia berdasarkan saran dokter, dan terapi pencegahan menggunakan obat herbal tradisional.

Kunyit sebagai terapi pencegahan dan pengobatan maag

Kunyit merupakan obat herbal tradisional yang berpengaruh terhadap penyembuhan penyakit maag. Kunyit memiliki kandungan khasiat beragam diantaranya dalah kurkumin dan juga minyak atsiri. Kurkumin yang terdapat pada kandungan kunyit ini mampu mencehag terjadinya infeksi berbagai penyakit dan berperan sebagai antioksidan yang melindungi serta memperbaiki kerusakan sel akibat radikal bebas.

Pada kasus pencegahan penyakit maag, kandungan kurkumin yang terdapat dalam kunyit mampu melapisi dinding mukosa pada lambung yang mengalami luka dan menurunkan kadar asam pada lambung serta mencegah naiknya asam pada lambung dikarenakan adanya efek anti reseptor H2 pada kunyit.

Baca :  Herbal dan Peluang Bisnis di Masa Pandemi COVID-19, Pilih Sehat atau Resesi?

Cara pembuatan ramuan kunyit untuk penyakit maag

Pembuatan ramuan perasan kunyit cukup mudah, alat yang perlu dipersiapkan diantaranya adalah pisau, alat pemarut, wadah, dan saringan. Sedangkan bahan yang diperlukan hanyalah 5 rimpang kunyit dan 50 ml air. Ramuan dibuat dengan langkah pertama mengupas dan membersihkan kunyi dari kulit dan kotoran; kedua parut kelima rimpang kunyit yang sudah dibersihkan; ketiga tambahan 50 ml air kedalam parutan kunyit kemudian saring dan masak hingga mendidih; keempat masukkan ramuan kedalam wadah gelas dan siap untuk diminum.

Terapi pengobatan maag dengan perasan kunyit ini dapat diminum sebanyak dua kali sehari pada pagi dan malam sebanyak 50 ml selama jangka waktu satu bulan, dimana terapi pengobatan selama bulan puasa dapat diminum saat berbuka dan juga waktu sahur.

Tips berpuasa bagi penderita maag

Selain terapi pencegahan maag dengan kunyit, ada pula beberapa upaya yang penderita maag dpat lakukan guna mencegah penyakit maag saat berpuasa, diantanya adalah :

  • Lakukan puasa dengan niat yang ikhlas untuk beribadah agar memudahkan berpuasa dan mampu mengendalikan emosi yang membuat stress dan memicu peningkatan asam lambung.
  • Selalu makan saat sahur dengan memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks lambat dicerna seperti kentang, gandum, atau oat agar tubuhtidak mudah lapar saat siang hari
  • Menyegerakan berbuka agar tubuh segera mendapatkan asupan kalori setelah beraktivitas selama puasa
  • Berbuka dengan makanan yang baik dengan tidak langsung mengkonsumsi makanan berat sekaligus atau berbuka dengan makanan asam dan pedas.

Sumber Pustaka

Budianto, N. E. W. (2014). Ekstrak Etanol Kunyit (Curcuma domestica val) Dalam Mencegah Peningkatan Keasaman Lambung Rattus norvegicus Yang Diinduksi Histamin. Jurnal Ilmiah Kedokteran, 3(1), 48-56

Baca :  Kini Hadir Obat Kombinasi Aspirin dan Omeprazole Untuk Pasien Jantung dengan Risiko Asam Lambung

Hilda, L. (2014). Puasa dalam kajian islam dan kesehatan. HIKMAH: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam, 8(1), 53-62.

Rathomi, H. S. (2017). Bagaimana penedrita maag berpuasa?

Safitri, D., & Nurman, M. (2020). Pengaruh Konsumsi Perasan Air Kunyit Terhadap Rasa Nyeri Pada Penderita Gastritis Akut Usia 45-54 Tahun di Desa Kampung Pinang Wilayah Kerja Puskesmas Perhentian Raja. Jurnal Ners, 4(2), 130-138.

Hikmah, C. N. (2019). Study Kinetika Reaksi: Ekstrak Kunyit Kuning dalam Penyembuhan Penyakit Maag.

Share this:

About Mayassa

Check Also

Gizi Rendah Berpotensi Besar Terkena Diabetes di 10 Tahun Kedepan

Majalah Farmasetika – Orang dewasa muda yang berisiko mengalami kerawanan pangan mengalami peningkatan kejadian diabetes …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.