Disrupsi Pekerjaan Kefarmasian, Informatika Farmasi Mutlak Diperlukan

Majalah Farmasetika – Pharmacoinformatics (Farmako-informatika) dikenal pula sebagai Informatika Farmasi sangat diperlukan bagi masa depan lulusan Farmasi, di masa mendatang bidang Farmasi sangat erat kaitannya dengan penggunaan teknologi informasi dan akan menjadi jalur karir baru bagi lulusan Farmasi. Sebut saja seperti dunia pekerjaan di bidang aplikasi layanan kesehatan termasuk pekerjaan kefarmasian berbasis digital (Digital Health) dan penemuan obat berbasis aplikasi (In silico study).

Hal ini disampaikan oleh Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran Prof. apt. Nasrul Wathoni, PhD, pada diskusi Satu Jam Berbincang Ilmu “Beyond Pharmacy: Pharmacoinformatics” yang digelar Dewan Profesor Unpad secara virtual, Sabtu (11/6/2022).

“Ada suatu disrupsi dalam suatu pekerjaan kefarmasian yang menurut saya erat kaitannya dengan teknologi informasi,” ujar Prof. Nasrul yang juga bertindak sebagai Founder Majalah Farmasetika.

Prof. Nasrul menjelaskan, Informatika Farmasi merupakan suatu bidang ilmu yang di dalamnya memanfaakan teknologi untuk saling mengoneksikan aspek penghantaran obat dari basic science sampai ke penggunaan kliniknya, baik untuk medikasi bagi individu maupun populasi.

Lebih lanjut Prof. Nasrul menjelaskan bahwa Informatika Farmasi semakin berkembang, dari semula meliputi farmasi praktis atau pelayanan, menjadi farmasi edukasi dan riset, serta aplikasi klinis.

Informatika Farmasi terbagi dalam dua aspek, yaitu scientific aspect (aspek ilmiah) dan service aspect (aspek pelayanan).

“Inilah yang menurut saya pribadi sesuatu hal yang ke depan seorang farmasi atau seorang calon apoteker itu harus memiliki keilmuan terkait Informatika Farmasi,” ujar Prof. Nasrul.

Prof. Nasrul mengatakan, untuk mempersiapkan lulusan Farmasi agar siap menghadapi perkembangan pekerjaan di masa depan, Informatika Farmasi perlu menjadi bagian dari kurikulum di pendidikan Farmasi.

“Di Farmasi ini harus memasukan mata kuliah Informatika Farmasi dan mungkin kemudian tidak hanya sebagai mata kuliah pilihan dan nanti akan menjadi mata kuliah wajib bagi para mahasiswa untuk mempersiapkan di masa depan,” ujarnya.(arm)*

Baca :  Mengenal Perkumpulan Informatika Farmasi Indonesia (PIFI)

Sumber

Pharmacoinformatics: Masa Depan Pendidikan Farmasi https://www.unpad.ac.id/2022/06/pharmacoinformatics-masa-depan-pendidikan-farmasi/

Share this:

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Kongres XXI IAI Untuk Praktek Profesi yang Berkualitas dan Kesehatan Masyarakat yang Paripurna

Majalah Farmasetika – JAKARTA-24 Juni 2022 – Sebagai agenda rutin yang dilaksanakan 4 tahun sekali, …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.