Terpilih Jadi Ketum PP IAI, Noffendri Roestam Akan Lanjutkan Program Sebelumnya

Majalah Farmasetika – apt Noffendri Roestam, SSi, terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI) periode 2022 – 2026 dalam sidang pleno Kongres XXI IAI 29 Juni 2022 dini hari. Noffendri mengungguli peroleh suara Brigjen apt Drs Mufti Djusnir.

Kongres XXI IAI berlangsung 28 – 30 Juni di Bandar Lampung dan dibuka oleh Gubernur Lampung, H Arinal Djunaidi yang diwakili oleh Plh Sekretaris Daerah Ir Freddy SM, MM.Kongres yang dibuka Selasa, 28 juni pagi ini diikuti oleh 634 perserta yang datang dari seluruh wilayah Indonesia.

Dalam upacara pembukaan, Gubernur Arinal berharap apoteker terus meningkatkan pelayanan dan menjalin Kerjasama antar tenaga kesehatan.

Sidang pleno berjalan lancar

Usai acara pembukaan, dilanjutkan dengan pembahasan tata tertib kongres serta laporan pertanggungjawaban (LPJ) dari Ketua Umum PP IAI serta laporan kegiatan MEDAI dan Dewas. LPJ yang disampaikan oleh Nurul Falah dinyatakan dapat diterima oleh seluruh peserta kongres.

Malam harinya, sidang pleno dimulai untuk proses pemilihan Ketua Umum, Ketua MEDAI dan Dewas Pusat.

Proses pemilihan diawali dengan proses penjaringan bakal calon. Para Ketua Pengurus Daerah yang memiliki hak suara, dipersilahkan memilih bakal calon pilihannya masing- masing. Dalam proses penjaringan muncul 4 nama yakni apt Drs Nurul Falah Eddy Pariang (Ketua Umum PP IAI periode 2018 – 2022) mendapatkan 6 suara, apt Noffendri Roestam, SSi (Sekjen PP IAI periode 2018 – 2022) memperoleh 20 suara,  Dr apt Abdul Raheem (Ketua PD IAI Jawa Timur) mengumpulkan 4 suara serta Brigjen apt Drs Mufti Djusnir (Ketua Bidang Advokasi PP IAI Periode 2018 – 2022) mendapatkan 4 suara.

Sesuai dengan tata tertib pemilihan, keempatnya berhak maju ke proses pemungutan suara, karena telah mendapatakn lebih dari 3 suara. Batas minimal dukungan untuk menjadi calon Ketua Umum.

Baca :  Menang Mutlak 2 Putaran, Noffendri Roestam Resmi Jadi Ketua Umum IAI 2022-2026

Keempat bakal calon kemudian menyampaikan kesediaannya untuk dicalonkan sebagai Ketua UMUM PP IAI periode 2022 – 2026. Dalam proses ini Nurul Fallah menyatakan mundur dari proses pemilihan, begitu pula dengan Abdul Raheem. Sehingga tinggal Noffendri Roestan dan Mufti Djusnir yang maju sebagai calon Ketua Umum.

Dalam proses pemungutan suara ini, selain 34 PD, yang memiliki hak suara adalah Ketua Umum PP IAI demisioner, Ketua MEDAI (Majelis Etik Disiplin Apoteker Indonesia) dan Ketua Dewan Pengawas (Dewas) masing-masing memiliki 1 hak suara, sehingga total suara adalah 37 suara.

Dalam proses pemungutan suara Noffendri Roestam menang mutlak dengan mengumpulkan 31 suara, sementara Mufti Djusnir berhak atas 5 suara dan 1 suara abstain.

Dengan proses yang sama pemilihan Ketua MEDAI Pusat dan Dewas Pusat dilakukan dan terpilih Prof Dr apt Gemini Alam, MSI sebagai Ketua MEDAi dan Dr apt Chazali H Situmorang, M.Sc, CIRB sebagai Ketua Dewas Pusat.

Lanjutkan program sebelumnya

Usai ditetapkan sebagai Ketua Umum PP IAI periode 2022 – 2026, Noffendri menyatakan rasa syukurnya karena telah mendapatkan kepercayaan dalam memimpin IAI selama satu periode ke depan.

‘’Bismillahirahkanirrahiim, syukur alhamdulillah dalam kongres kali ini saya mendapatkan kepercayaan dari mayoritas teman-teman untuk melanjutkan kepemimpinan pak Nurul Falah, dimana saya mendampingi beliau sebagai Sekjen,’’ ungkap Noffendri Roestam yang langsung kebanjiran ucapan selamat dari seluruh peserta kongres yang hadir.

‘’Selanjutnya saya akan melanjutkan program yang sudah digagas oleh pak Nurul Falah. Yang masih belum sempurna akan terus disempurnakan agar manfaatnya makin dirasakan. Tentu saja kami juga akan terus berkomunikasi dengan mitra kami, yaitu pemerintah dan Lembaga lain,’’ tuturnya sesuai press rilis diterima redaksi.

Baca :  Tanggapi Aksi Demo, PP IAI Minta DPR RI Segera Wujudkan RUU Kefarmasian

Dalam kesempatan tersebut, Nurul Falah menyampaikan ucapan selamat kepada Noffendri Roestam atas terpilihnya sebagai Ketua Umum PP IAI. Nurul berharap Noffendri agar menjaga amanah yang telah diberikan dan mampu membawa IAI sebagai organisasi yang makin disegani.

Biodata

Noffendri Roestam, pria kelahiran Buktitinggi, 9 November 1970 ini adalah apoteker lulusan Fakultas Farmasi Universitas Andalas, Padang pada tahun 1996. Setelah lulus kuliah Noffendri bekerja sebagai Penanggungjawab Apotek Sumber Sehat Serang hingga tahun 2011. Sejak tahun 2006 menjadi staf pengajar di Akademi Farmasi Al-Ishlah Cilegon, Banten. Noffendri aktif di organisasi IAI sebagai Sekretaris PC ISFI Banten (!997-2001/2001-2005), kemudian menjadi Sekretaris PD ISFI Banten (2001-2005/2005-2009). Setelah menyelesaikan kepengurusannya di PD ISFI Banten, Noffendri kemudian menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jendereal PP IAI (2009 – 2014/2014 – 2018) dan terpilih sebagai Sekretaris Jenderal PP IAI pada 2018 – 2022. Disela kegiatan tersebut, Noffendri juga aktif terlibat dalam berbagai kegiatan. Yaitu Anggota Komite Sertifikasi & Resertifikasi PP IAI (1020- 2014), Anggota SC HPEQ Project Bidang Farmasi (2010 – 2014), Direktur Umum PT ISFI Penerbitan (2015 – 2019), Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Penguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes)

Share this:

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Dosis Insulin Tinggi Dapat Tingkatkan Risiko Kanker pada Pasien Diabetes Tipe 1

Majalah Farmasetika – Untuk pasien dengan diabetes tipe 1, dosis insulin yang lebih tinggi dapat …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.