Audiensi Berhasil, Kepala Instalasi Farmasi RSUD Moewardi Kembali Dijabat Apoteker

Majalah Farmasetika – Jabatan Kepala Instalasi Farmasi Rumah Sakit (Ka IFRS) RSUD dr Moewardi Solo dikembalikan kepada apt Dra Wahyu Sedjatiningsih. Kesepakatan itu dicapai dalam sebuah pertemuan antara pihak Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (PD IAI) dan HISFARSI Jawa Tengah serta RSUD dr Moewardi, pada Rabu, 3 Agustus 2022 yang lalu.

Pertemuan tersebut dilakukan untuk membahas pemberitaan yang muncul dalam akun Instagram @rsud.moewardi. Dalam akun tersebut disebutkan acara pelantikan sejumlah pejabat di lingkungan rumah sakit tersebut. Salah satunya Ka IFRS dr Moewardi yang dijabat oleh seorang tenaga medis dan bukan apoteker.

PP IAI berkoordinasi dengan PD IAI dan HISFARSI Jawa Tengah

Sesuai press rilis yang dikirimkan HUMAS PP IAI, Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI) bersama PP HISFARSI telah meminta PD IAI Jawa Tengah untuk berkoordinasi dengan HISFARSI Jawa Tengah dan mencari tahu lebih jauh mengenai hal tersebut. Akhirnya disepekatilah pertemuan yang kemudian dilakukan di Ruang Farmasi RSUD dr Moewardi, pada Rabu, 3 Agustus 2022 pada jam 11.15 – 13.00 wib.

Audiensi PD IAI dan HISFARSI Jawa Tengah dengan Perwakilan RSUD dr Moewardi di RSUD dr Moewardi (Foto/Humas PP IAI)

Pertemuan yang berlangsung hangat dan penuh kekeluargaan itu PD IAI Jawa Tengah dan Hisfarsi Jawa Tengah diwakili  oleh apt Suwardi, SSi, MM (PD IAI Jawa Tengah), apt Agus Purnomo, MM (PD IAI Jawa Tengah), apt Anang Kuncoro Rachmad S,M.Farm (PC IAI Surakarta) dan apt Heru Dwi Purnomo (Hisfarsi Jawa Tengah).

Sementara dari RSUD dr Moewardi dihadiri dr Harsini, SpP (Kabid Pelayanan Penunjang), apt Dra Wahyu Sedjatiningsih MSc (Ka IFRS RSUD dr Moewardi), apt Fransiska Yovita Dewi, S.Si, MSc, apt Dra Tri Hidayati, MSc dan apt Dwi Kustati, S.Farm kertiganya  apoteker RSUD dr Moewardi.

Baca :  Direktur RSUD Moewardi Angkat Seorang Dokter Sebagai Kepala Instalasi Farmasi

Dalam kesempatan tersebut PP IAI menyampaikan beberapa hal mengenai PMK 72 tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit, PP No 51 Tahun 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian dan PMK No 889 Tahun 2011 tentang Registrasi, Izin Praktik, dan Izin Kerja Tenaga Kefarmasian.  

Dalam ketiga peraturan tersebut, secara jelas dan tegas disebutkan bahwa Kepala Instalasi Farmasi Rumah Sakit adalah seorang apoteker. Sehingga apa yang dilakukan oleh RSUD dr Moewardi telah menyalahi peraturan pemerintah tersebut.

Untuk itu IAI meminta agar RSUD dr Moewardi dapat mengkaji ulang dilantiknya seorang tenaga non apoteker sebagai Ka IFRS dan dikembalikan sebagaimana regulasi yang ada.

Pimpinan RSUD Moewardi Sambut Baik PP IAI

Dokter Harsini, mewakil RSUD dr Moewardi menyampaikan, bahwa RSUD dr Moewardi pada dasarnya tidak mengubah struktur dan atau jabatan yang sudah ada selama ini dan sebagaimana yang sudah berjalan.

RSUD dr Moewardi mengalami peningkatan pelayanan kesehatan, termasuk di bagian farmasi, untuk meningkatkan kinerja diperlukan tambahan SDM (sumber daya manusia) yang akan membantu dan mempercepat koordinasi terkait pelayanan farmasi dan medis.

Harsini juga menyampaikan, terkait nomenklatur tentang SDM sebagaimana dimaksud diatas akan dikaji ulang dan direvisi.

Dalam kesempatan itu Harsini menanggapi, Ka IFRS dr Moewardi akan direvisi dan dikembalikan ke apt Dra Wahyu Sedjatiningsih, MSc tanpa mengurangi kewenangan, kompetensi dan tupoksinya sebagaimana kewajiban dan tanggungjawab Ka InsFRS sesuai regulasi yang sudah ada.

Dari pembicaraan tersebut, akhirnya diperoleh kesepakatan sebagai berikut :

  1. IAI akan menyampaikan hasil konsolidasi dan penjelasan yang disampaikan dr Harsini, SpP (Kabid Pelayanan Penunjang) kepada anggota IAI, dengan tujuan memberikan informasi yang benar dan sesungguhnya.
  2.  RSUD dr Moewardi/dr Harsini, SpP akan merevisi nomenklatur tentang SDM non apoteker sebagai Ka.InsFRS dr Moewardi dan akan menyampaikan informasi revisi tersebut melalui akun IG @rsud.moewardi.
  3. Ka InsFRS dr Moewardi akan direvisi dan dikembalikan ke apt Dra Wahyu Sedjatiningsih, MSc tanpa mengurangi kewenangan, kompetensi dan tupoksinya sebagaimana kewajiban dan tanggungjawab Ka InsFRS sesuai regulasi yang ada.
Baca :  Direktur RSUD Moewardi Angkat Seorang Dokter Sebagai Kepala Instalasi Farmasi

Ketua Umum PP IAI, apt Noffendri Roestam, SSi menyambut baik pertemuan yang telah dilakukan antara IAI dan RSUD dr Moewardi. Ia menyampaikan terimakasih atas penerimaan yang baik dari pihak rumah sakit dan atas sikap kooperatif yang ditunjukkan.

Share this:

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Dosis Insulin Tinggi Dapat Tingkatkan Risiko Kanker pada Pasien Diabetes Tipe 1

Majalah Farmasetika – Untuk pasien dengan diabetes tipe 1, dosis insulin yang lebih tinggi dapat …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.