Ahli Farmakologi : Konsumsi Vitamin B Kompleks Bisa Hilangkan Racun Etilen Glikol

Majalah Farmasetika – Ahli farmakologi, apoteker Rahmato S.Farm, M.Sc menyebutkan bahwa Vitamin B1 (Tiamin) dan Vitamin B6 (Piridoksin) yang ada dalam suplemen Vitamin B Kompleks bisa membantu mencegah keracunan cemaran etilen glikol (EG) dari obat sirup.

“Masih was-was, Vitamin B untuk menghilangkan racun etilen glikol jadi non racun di rumah dari obat sirup manapun?” Tulis lulusan S2 Farmasi pertama dari Universitas Alberta, Canada ini dalam postingan IG nya (22/10/2022).

Rahmato menjelaskan bahwa untuk menetralisir (antidot) yang bisa dilakukan ada 2 hal yakni, mencegah senyawa racun terbentuk, dan mengubah senyawa racun menjadi non racun.

“Perlu diingat bahwa senyawa racun dari EG adalah asam glikolat, dan asam glikolat ini bisa dirubah oleh Piridoksin dan tiamin sebagai kofaktor menjadi Glysine yang merupakan asam amino baik untuk tubuh lain” jelas apoteker yang juga seorang konten kreator.

Menurut Rahmato, nama sirup yang ditarik BPOM memiliki EG diatas ambang batas, artinya sirup lain dibawah batas atau bahkan nol.

“Sehingga tidak ada salahnya mengkonsumsi Vitamin B Kompleks untuk menganulir resiko praduga” jelas Rahmato.

“Kalo memang memiliki gejala barulah dibawa ke Rumah Sakit, disana akan diberikan antidot, sodium bicarbonat, fomepizole, dan etanol” lanjut Rahmato.

Asam glikolat bersifat asam, sehingga dalam 12-24 jam pertama penunpukannya didalam darah menjadi asam (metabolik asidosis). Sederhananya, kondisi asam memiliki pH rendah <7.4, Sodium bikarbonat yang basa ini akan menungkatkan pH darah sehingga asam glikolat menjadi terlarut dan mengeluarkan lebih banyak asam glikolat melalui urin.

“Remember, ini dilakukan oleh ahli di RS karena resiko kehilangan protein dan lainnta” pesan Rahmato.

Perubahan EG menjadi glikol aldehid dinamakan oleh enzim yang mengoksidasi bernama alkohol dehidrogenase. Enzim ini akan dihambat oleh Fomepizole sehingga tidak menghasilkan glikol aldehid yang selanjutnya bisa menjadi asam glikolat.

Baca :  Kemenkes : Apotek dan Toko Obat Bisa Menjual Kembali 156 Obat Sirup Aman EG/DEG

Jika pasien alergi dengan fomepizole, maka etanol dapat diberikan, sebagai tameng agar enzim alkohol dehidrogenase tidak terbentuk sehingga EG tidak berubah menjadi asam glikolat bahkan asam oksalat yabg beracun tidak terbentuk.

“Dosis dan cara pemakaian sangat kompleks, sehingga hanya boleh dilakukan di RS oleh Dokter” pesan Rahmato.

Sumber

https://www.instagram.com/p/CkAEOoSp-HI/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Share this:

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi majalah populer. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Ketum IAI : Kami Malu, 72% Antibiotik Masih Diberikan Tanpa Resep di Apotek

Majalah Farmasetika – Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (Ketum PP IAI), apt. Noffendri …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.