BPOM Hentikan Peredaran Obat Sirup dari PT Ciubros Farma dan PT Samco Farma

Majalah Farmasetika – Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Penny K Lukito, mengumumkan 2 Industri Farmasi baru terkait cemaran Etilon Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) dari pelarut Propilen Glikol, propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol, atau gliserin yang melebihi ambang batas aman. Kedua Industri Farmasi itu adalah PT. Ciubros Farma dan PT. Samco Farma.

“Ada 2 Industri Farmasi yang sudah cukup bukti, yakni PT. Ciubros Farma dan PT. Samco Farma, berdasarkan hasil pengujian terhadap bahan baku dan produk jadinya, cemaran EG dan DEG melebihi batas ambang aman, sehingga pada kedua Industri Farmasi tersebut, BPOM telah melakukan penindakan lebih lanjut untuk menghentikan, menarik, dan memusnahkan produk obat sirup yang melebihi ambang batas” jelas Kepala BPOM dalam press rilis yang digelar di Depok (11/9/2022).

“Penarikan mencakup seluruh gerai, dari mulai Pedagang Besar Farmasi, instalasi pemerintah, rumah sakit, puskesmas, kinik, apotek, toko obat, dan praktek mandiri tenaga kesehatan” lanjut Penny K Lukito.

Berikut adalah daftar nama obat sirup yang ditarik oleh BPOM

  1. Citomol, PT. Ciubros Farma
  2. Citoprim, PT. Ciubros Farma
  3. Samcodril, PT. Samco Farma
  4. Samconal, PT. Samco Farma

“Terhadap produk sirup obat lain dari PT Ciubros Farma dan PT Samco Farma yang menggunakan pelarut propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol, atau gliserin dilakukan penghentian produksi dan distribusi sampai ada hasil pemeriksaan lebih lanjut” terang Kepala BPOM.

Share this:
Baca :  Apoteker Minta BPOM dan Kemenkes Tertibkan Penjualan Obat di Minimarket

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi majalah populer. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Menkes Rilis Regulasi Baru Akreditasi Puskesmas, Labkes, Klinik, Dokter Praktik Mandiri

Majalah Farmasetika – Menteri Kesehatan (Menkes) mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes/PMK) Nomor 34 Tahun 2022 …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.