Download Majalah Farmasetika

Pesan Presiden IYPG Terpilih : Apoteker Muda Jangan Mudah Terprovokasi!

Majalah Farmasetika – Elected Presiden Indonesia Young Pharmacist Group (IYPG) periode 2024-2026, apt. Radian Zakir, S. Farm, berharap apoteker muda indonesia tidak mudah terprovokasi dan mampu berpikir kritis dan objektif untuk setiap masalah yang ada.

“Selain itu mampu memberikan kontribusi yang inovatif untuk masyarakat secara luas.” Jelas Radian dalam wawancara eklusif bersama redaksi Majalah Farmasetika (2/12/2022).

Menurutnya, IYPG merupakan oraganisasi para apoteker muda usia di bawah 35 th, dimana melaui ide-ide kreatif yang di sampaikan melaui program-program menarik, sehingga dengan itu harapannya keberadaan apoteker muda dapat di rasakan oleh masyarakat luas.

Radian menegaskan pentingnya IYPG untuk apoteker muda yaitu sebagai wadah komunikasi dan kolaborasi untuk meningkatkan kompetensi dan juga eksistensi melalui branding apoteker sehingga mampu lebih dekat dgn masyarakat.

“Selain itu IYPG merupakan wadah kaderisasi apoteker-apoteker muda tidak hanyak untuk organisasi dimasa yg akan datang tetapi juga diharapkan memberikan manfaat bagi apoteker muda di lingkungan dan dunia kerjanya, melalui peningkatan softskill seperti leadership, komunikasi dan pola pikir.” Kata Radian yang juga lulusan S1 farmasi Universitas Islam Indonesia angkatan 2012
Dan profesi Apoteker angkatan 31 tahun 2017.

Motivasi menjadi presiden terpilih IYPG

Ketika ditanya terkait motivasi menjadi presiden IYPY, Radian mengungkapkan dengan modal pengalaman menjadi Anggota Badan Pengurus Harian IYPG Pengurus Pusat periode 2020-2022 membuatnya berani maju untuk menjadi presiden IYPG,

“Motivasi utama saya yakni, saya ingin IYPG menjadi rumah untuk para apoteker muda dalam melatih softskill dan berproses di bidang organisasi, sehingga mampu membuat profesi apoteker lebih di kenal oleh masyakat melalui aksi nyata dari program yang akan di laksanakan.” Tegas Radian.

Program kerja unggulan

Radian memaparkan ada 3 program yang akan dilaksanakan sebagai program unggulan.

Baca :  Tak Nampak Namun Berdampak : "Discover The New Age of Pharmacy Experience"

1. Festival farmasi

Festifal farmasi erupakan acara yang di kemas dengan pendekatan anak muda, melaui both-both yang di sedikan, diamna targetnya dan fokusnya adalah para apoteker muda yang baru lulus dan senag mencari pekerjaan atau jati diri kedepannya di bidang kefarmasian. dimana tujuan utama dari program ini adalah branding apoteker.

Rencananya program ini akan dilaksanakan dalam 2 th, sehingga acara ini sangaT berbeda dengan summit iypg, dimana program ini targetnya dan temanya lebih spesifik ke karir apoteker muda.

Bagian dalam prgram yang di maksud di antaranya:

– Carier Center,

merupakan ruang/wadah “konsultasi” bagi para apoteker muda yng baru lulus dan sedang meniti karir, dimana hal ini merupakan follow up dari buku IYPG yang akan segera di luncurkan.

-Job fair farmasi

merupakan tempat para apoteker muda yang baru lulus untuk melihat peluang tempat kerja di berbagai sektor atau bidang kefarmasian, hal ini dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan institusi swasta/negeri tempat para apoteker bekerja.

-Talk show ypg

dengan mendatangkan para narasumber yang kompeten di bidangnnya, sehingga di harapkan dapat memberikan gambaran dan motivasi bafi para apoteker muda yang baru lulus.

-Scholarship expo

ruang yang di siapkan untuk para apoteker muda yang baru lulus untuk melihan peluang-peluang beasiswa kefarmasian yang harapannya di sampaikan oleh para apoteker muda baik pengurus ataupun anggota iypg yang telah dan pernah mendapatkan beasiswa untuk berbagi ke para apoteker muda.

2. leadership training center

Program ini mer upakan implemntasi dari buku kaderisasi yang telah di susun oleh IYPG, dimana dalam program ini terdiri dari :

– IYPG Traine

yaitu program magang untuk para apoteker muda yang ingin begabung di iypg, dimana nanti akan di bimbing dan diikutsertakan dalam menkjalankan program di tiap tiap dvisi yang dimiati, sehingga harapannya sebelum masuk oraganisasi iypg pada khususnya sudah ada modal dan pengalaman selama magang serta menjadi bahan dasar dalam menajdi pengurus iypg.

-kajian dan advokasi

Baca :  Presiden IYPG Terpilih Tularkan Semangat Baru Untuk Apoteker Muda Berkarya di Masyarakat

ruang yag di siapkan untk mebahan isu-isu organisasi dan isu-isu yang berkaitan dengan kefarmasian, sehingga hasil dari kajian ini di harapkan membuahkan aspirasi, kemudian aspirsi tersbut di teruskan ke organisasi terkiat/induk melalui BIlik aspirasi yang telah di buat oleh iypg peride sebelumnya.

3. IYPG beraksi

Program yang itinya adalah berbagi dan mengabdi
dimana dalam program ini terdiri dari

– Jambore IYPG

yang nerupakan kegiatan Sosial Movement dengan konsep makrab , dimana para apoteker muda di harapkan memiliki rasa saling meiliki antar satu sama lain dan tercipta keakraban.

Dalam jambore ini terdapat kegiatan seperti, Doalog kefarmasian di alam yang asri, Penyuluhan terkait obat kepada masyarakat terdekat, dan membuat desa binaan iypg, dimana desa binaan ini harapannya akan terus di monitoring dan terus terkjadi keberlanjutan. sehingga kedepannya IYPG memiliki banyak desa binaan.

Kontribusi terhadap IYPG terhadap IAI

Radian kemudian menuturkan bahwa IYPG merupakan bagian dari IAI, dan sudah jelas tentunya IYPG akan mendukung kebijakan-kebijakan IAI yang telah ada. serta IYPG akan menjadi wadah aspirasi yang akan di teruskan ke IAI, sehingga terlajin kerjasama yang baikuntuk kemajuan profesi apoteker.

“Buat para apoteker muda, ayo bergabung bersama IYPG, kita berproses bersama.
Salam Simple , fun, and young !” Tutup Radian.

Share this:

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi majalah populer. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Biosimilar: Benarkah Penggunaannya Memberikan Penghematan Biaya Menjanjikan?

Majalah Farmasetika – Pengenalan 8 biosimilar adalimumab (Humira; AbbVie) pada tahun 2023 menciptakan siklus kegembiraan …

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.