astra zeneca

Selumetinib Kandidat Obat Baru dari Astra Zeneca Untuk Kanker Tiroid Langka

Selumetinib Kandidat Obat Baru dari Astra Zeneca Untuk Kanker Tiroid Langka. AstraZeneca hari ini (12/5) mengumumkan bahwa Food and Drug Administration (FDA) telah memberikan status istimewa Orphan Drug Designation (program calon obat baru untuk penyakit langka) untuk diteliti bagi MEK 1/2 inhibitor, selumetinib (AZD6244, ARRY-142.886) sebagai pengobatan adjuvant dari pasien dengan stadium III atau IV kanker tyroid type langka yakni differentiated thyroid cancer (DTC ).

DTC didiagnosis pada sekitar 60.000 orang di AS setiap tahun, yodium radioaktif (radioactive iodine/RAI) dianjurkan bagi mereka dengan diduga diketahui metastasis ketika diagnosis. Saat ini, sebagian kecil pasien tidak mendapatkan manfaat dari pengobatan yang tersedia dengan RAI karena mereka tidak mengungkapkan cukup natrium / yodium symporter (NIS) yang penting untuk penyerapan RAI ke sel. Selumetinib saat ini sedang diuji kemampuannya untuk meningkatkan ekspresi NIS dengan potensi untuk menambah pilihan pengobatan untuk pasien yang tidak merespon dengan baik untuk RAI.

Sean Bohen, Executive Vice President, Global Medicines Development and Chief Medical Officer di AstraZeneca, mengatakan: “Serapan RAI sangat penting untuk pasien dengan kanker tiroid di mana tidak ada terapi lain yang telah terbukti bermanfaat. Selumetinib secara signifikan bisa meningkatkan pilihan pengobatan saat ini tersedia untuk pasien ini. Terpilihnya dalam Orphan Drug Designation merupakan prestasi penting karena kami memajukan rencana pengembangan kami untuk pengobatan yang potensial ini pada DTC. ”

Program Orphan Drug Designation merupakan status istimewa yang penting untuk obat atau senyawa biologis, yang dimaksudkan untuk pengobatan aman dan efektif, diagnosis atau pencegahan dari penyakit langka atau gangguan yang mempengaruhi kurang dari 200.000 orang di US.

Selumetinib menghambat jalur MEK di sel-sel kanker untuk mencegah pertumbuhan tumor. Hal ini sedang diuji dalam uji coba ASTRA Tahap III pada pasien dengan DTC yang berisiko tinggi recurrence. Dalam Tahap II studi selumetinib pada pasien dengan kanker tiroid stadium lanjut, peningkatan klinis yang berarti dalam penyerapan yodium dan retensi terlihat pada pasien dengan kanker tiroid yang pemanasan untuk RAI.

Baca :  Monjuvi "Tafasitamab-cxix", Obat Baru untuk Terapi Diffuse Large B-cell Lymphoma

Selain DTC, selumetinib sedang diuji di uji klinik SELECT-1, Fase III pada pasien dengan KRAS-mutant advanced non-small cell lung cancer(NSCLC) dan dalam Tahap II percobaan pendaftaran pasien anak dan remaja dengan neurofibromatosis tipe 1 bekerjasama dengan US National Cancer Institute.

Sumber : https://www.astrazeneca.com/media-centre/press-releases/2016/selumetinib-granted-orphan-drug-designation-in-the-US-for-adjuvant-treatment-of-differentiated-thyroid-cancer-12052016.html

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Vaksin COVID-19 Pfizer Mulai Uji Klinis Pada Anak dan Ibu Hamil

Majalah Farmasetika – Pfizer dan BioNTech mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka telah mulai menguji …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.