label nutrisi

Untuk Memudahkan Konsumen, Amerika Merubah Label Fakta Nutrisi

Untuk Memudahkan Konsumen, Amerika Merubah Label Fakta Nutrisi. Food Drug and Adminsitration (FDA) telah merilis (20/5) perubahan label Fakta Nutrisi untuk makanan kemasan yang mencerminkan informasi ilmiah baru, termasuk hubungan antara diet dan penyakit kronis seperti obesitas dan penyakit jantung. Label baru akan memudahkan bagi konsumen untuk membuat pilihan makanan yang lebih baik.

Ada 3 poin utama yang mengalami perubahan.

1. Desain yang lebih segar

Ikon tampilan label tetap, tapi FDA membuat fakta terkini yang penting untuk memastikan konsumen memiliki akses ke informasi yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan tentang makanan yang mereka makan.

Perubahan ini termasuk pernyataan ukuran jenis “Kalori,” “porsi per kontainer,” dan “Takaran saji” dengan penggunaan huruf tebal.

Produsen harus menyatakan jumlah aktual, selain persen Nilai harian vitamin D, kalsium, zat besi dan kalium. Perusahaan harus dapat menyatakan jumlah gram untuk vitamin dan mineral lainnya.

Catatan kaki/footnote berubah untuk lebih menjelaskan berapa persen Nilai harian.

2. Perombakan Informasi tentang Gizi

Jumlah gram dan nilai harian persentase tambahan gula akan ditambahkan dalam label kemasan untuk membantu konsumen berapa banyak kadar gula yang ada dalam produk. Karena banyak produk makanan sehat akan tetapi diolah dengan tambahan gula seperti fruktosa dalam buah dan laktosa dalam susu.

Penambahan informasi Vitamin D dan kalium pada label. Kalsium dan zat besi masih tertulis dilabel. Vitamin A dan C tidak akan lagi diperlukan tetapi dapat dimasukkan tergantung perusahaan.

Penghapusan  “Kalori dari Lemak” karena penelitian menunjukkan jenis lemak lebih penting daripada jumlahnya. Lemak yang ditujukan akan menyebutkan apakah dalam kemasan tersebut mengandung “Jumlah Total Lemak”, “Lemak Jenuh” dan “Lemak Trans”.

Nilai harian untuk nutrisi seperti natrium, serat makanan dan vitamin D sedang diperbarui berdasarkan bukti ilmiah yang lebih baru dari Institute of Medicine dan laporan lainnya seperti Laporan Dietary Guidelines Advisory Committee.

Nilai harian adalah jumlah referensi nutrisi untuk mengkonsumsi atau tidak melebihi dan digunakan untuk menghitung persen Nilai Harian (% Daily Value) bahwa produsen termasuk pada label. % nilai harian membantu konsumen memahami informasi nutrisi dalam konteks total makanan sehari-hari.

Baca :  Apalutamide, Obat Baru Untuk Kanker Prostat

3. Pembaruan Takaran Saji dan Persyaratan Pelabelan Paket Ukuran Tertentu

FDA menjelaskan bahwa kini kemasan makanan harus memuat porsi yang benar-benar dimakan seseorang dalam satu waktu bukan apa yang harus makan. Keterangan per porsi dan per paket kalori dan informasi gizi diperlukan sehingga mereka mengerti berapa banyak kalori yang mereka dapatkan setelah konsumsi makanan atau minuman tersebut.

Untuk produk-produk tertentu yang lebih besar dari satu porsi tapi yang bisa dikonsumsi dalam satu kali atau beberapa kali, produsen harus menyediakan 2 kolom pelabelan untuk menunjukkan jumlah kalori dan nutrisi pada kedua “per porsi” dan “per paket “/” per unit ” dasar.

www.fda.gov : Kiri lama, kanan baru

Apa perbedaannya :

www.fda.gov

Perubahan takaran saji

www.fda.gov

Sumber : FDA

 

Share this:

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

BPOM Klarifikasi Kasus Mie Sedaap Ditarik di Hongkong Karena Residu Pestisida

Majalah Farmasetika – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menindaklanjuti kasus yang dirilis di laman …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.