pemindai mata
pic : biospace.com

Kini Hadir Alat Canggih Pemindai Kelainan Mata Pada Anak

Majalah Farmasetika (Ed.4/Juni 2016). Perusahaan yang khusus mengembangkan alat diagnostik mata, REBIScan, Inc., kemarin (16/6) mengumumkan bahwa Food and Drug Administration (FDA) AS telah memberikan izin edar untuk produk unggulan perusahaan, Pediatric Vision Scanner (PVS).

PVS adalah sebuah perangkat genggam, dirancang untuk membantu dokter memeriksa kelainan amblyopia ( “mata malas”) dan strabismus (mata sejajar) pada anak-anak, sejak usia prasekolah ketika kondisi paling mudah untuk diobati.

Amblyopia dan strabismus adalah penyebab utama kehilangan penglihatan pada anak-anak. “Satu dari 20 anak-anak  mengabaikan kelainan mata yang tidak dapat dilihat oleh orang tua dan tidak mudah didiagnosis oleh dokter anak,” kata David Hunter, MD, PhD, Dokter Spesialis Mata di Rumah Sakit anak Boston, yang ikut mengembangkan PVS dan REBIScan. “ini memang berita menggembirakan bagi kesehatan visual anak di seluruh dunia.”

“Keputusan FDA bukan hanya sebagai tonggak bagi perusahaan, tetapi juga untuk ribuan penyedia layanan yang mencari cara yang lebih baik untuk mendeteksi kondisi ini pada usia muda,” tambah CEO REBIScan Justin Shaka.

Setiap tahun, ratusan ribu anak-anak secara permanen kehilangan penglihatan karena kurangnya deteksi amblyopia dan strabismus, namun dengan deteksi dini mereka dapat diobati dengan kacamata atau penutup mata.

“Kita malu bahwa di dunia saat ini kami memiliki begitu banyak anak kehilangan penglihatan hanya karena kurangnya perawatan. Dengan PVS kita akan memiliki alat yang dapat mendiagnosa anak-anak ini dan menyelematkan penglihatan mereka,” kata Dr Hunter. “Studi independen yang diterbitkan oleh rekan-rekan kami telah menunjukkan keakuratan PVS untuk setinggi 94%, yang jauh melebihi apa yang telah kita lihat dari produk saat ini di pasar. ”

REBIScan menargetkan rilis terbatas dari perangkat selama beberapa bulan mendatang. “Kami bekerja sama dengan tim yang hebat untuk memberikan produk yang besar, dan peluncuran hati ini akan memastikan dampak positif pada kesehatan anak-anak,” kata Mr Shaka.

Baca :  Peran Penting Apoteker dalam Distribusi Alat Kesehatan

Tentang REBIScan:

REBIScan adalah startup perangkat medis yang berbasis di Boston, Massachusetts. Selain mengembangkan Pediatric Visi Scanner, perusahaan telah mengembangkan sebuah aplikasi pendidikan, BabySee, bagi orang tua untuk mensimulasikan pengembangan visual anak mereka. REBIScan juga mengembangkan teknologi pemindaian mata lainnya termasuk alat baru untuk mendiagnosis cedera otak traumatis.

Sumber : http://www.biospace.com/news_story.aspx?StoryID=423697&full=1

Share this:

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Alat Diagnostik In Vitro Pertama untuk Deteksi Dini Alzheimer disetujui FDA

Majalah Farmasetika – Food and Drug Administration (FDA) AS telah menyetujui alat diagnostik in vitro …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.