sel punca
pic : freedigitalphotos.net

Terapi Sel Punca Akan Menjadi Pengobatan Lini Pertama Artritis Reumatoid

Majalah Farmasetika (V1N6-Agutus 2016). Perusahaan obat regeneratif berbasis di Australia, Mesoblast Ltd mengumumkan (7/8) bahwa percobaan klinik dengan terapi sel punca (sel induk/stem sel) menunjukkan perbaikan yang signifikan dari gejala dan aktivitas penyakit pada pasien rheumatoid arthritis/RA (Artritis Reumatoid) yang sudah tidak mampu untuk mendapatkan bantuan melalui obat-obatan bioteknologi yang saat ini banyak digunakan.

Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun kronis yang ditemukan pada sekitar satu persen dari populasi dunia. Penyakit ini mempengaruhi membran sinovial dari beberapa sendi yang akhirnya mengarah ke tulang rawan dan kerusakan tulang.

Press release dari perusahaan mengungkapkan bahwa infus intravena tunggal berisi produk allogeneic Mesenchymal Precursor Cell (MPC) – MPC-300-IV – mampu mentoleransi dan menunjukkan perbaikan gejala klinis tanpa efek samping yang serius dalam uji klinik Tahap 2 – studi selama 12 minggu dari 48 pasien.

“Hasil keamanan dan kemanjuran studi ini sangat menggembirakan dan menunjukkan bahwa terapi stem sel memiliki potensi untuk memenuhi kebutuhan medis yang belum terpenuhi dari populasi biologic refractory RA, di mana agen yang memberikan efek tahan lama konsisten tanpa risiko infeksi oportunistik atau kanker, “kata Dr Allan Gibofsky, rheumatologist di Rumah Sakit Khusus Bedah di New York.

Hampir sepertiga dari pasien yang menderita rheumatoid arthritis juga tidak merespon cukup atau tidak dapat mentoleransi perawatan biologis populer seperti produk Abbvie Humira (adalimumab), obat resep terlaris di dunia. Humira di Indonesia diedarkan oleh Abbot.

Studi baru menunjukkan bahwa di antara pasien yang telah diobati dengan setidaknya satu obat biologis sebelumnya, 20 persen hilang dari tanda-tanda dan gejala arthritis – dikenal sebagai ACR20 – dicapai oleh 55 persen pasien yang menerima 2 juta sel per kilogram berat melalui infus. Angka untuk mencapai ACR20 berdiri di 33 persen pada kelompok plasebo.

Baca :  Transplantasi Sel Punca dan Polimer Berpori Efektif Sembuhkan Luka Diabetes

ACR70, atau peningkatan 70 persen, terlihat di 36 persen setelah satu infus pengobatan produk Mesoblast ini, dibandingkan dengan tidak ada perbaikan seperti dilaporkan pada pasien pada kelompok plasebo. Perusahaan juga mengatakan bahwa pengobatan stem sel menyebabkan perbaikan dalam fungsi fisik dan aktivitas penyakit secara keseluruhan.

Chief Executive Mesoblast, Silviu Itescu mengatakan : “Hasil uji klinik tahap 2 telah menunjukkan sinyal khasiat yang kuat dan efek yang konsisten dari MPC infus tunggal pada gejala klinis, kemampuan fungsional, dan aktivitas penyakit, tanpa efek samping yang serius.”

“Hasil ini mendukung potensi terapi sel alogenik kami untuk diposisikan sebagai pilihan pengobatan lini pertama untuk pasien refrakter biologis RA, di mana ada kebutuhan yang jelas untuk perawatan yang aman dan efektif,” tambah Itescu.

Dia juga mengatakan bahwa Mesoblast yang dimiliki 14,6 persen oleh Teva Pharmaceutical Industries berencana untuk mencari kemitraan untuk memindahkan perawatan menjadi lebih besar pada uji coba klinis Fase III.

Sumber : http://www.ibtimes.com/mesoblasts-stem-cell-treatment-shows-improvement-rheumatoid-arthritis-patients-2399043

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Hasil Studi Plasma Konvalesen Tidak Efektif Obati Pasien COVID-19

Majalah Farmasetika – Menurut hasil studi yang diterbitkan di The BMJ, menggunakan plasma convalescent/konvalesen bersama …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.