gagal jantung
pic : freedigitalphotos.net

Apotek Efektif Sebagai Tempat Skrining Penyakit Jantung dengan Resiko Umum

Majalah Farmasetika (V1N8-Oktober 2016). Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Open Heart, Agustus 2016, menyimpulkan bahwa apotek dapat berfungsi sebagai alternatif yang efektif untuk skrining orang yang memiliki penyakit jantung dengan risiko umum seperti diabetes tipe 2 dan kolesterol tinggi.

Penelitian ini melibatkan 6.800 individu yang diputar di 184 apotek di Austria. Program skrining eksperimental yang dilakukan oleh apoteker mengukur tekanan darah, kolesterol, dan kadar glukosa darah, sedangkan faktor-faktor seperti tinggi badan, merokok, dan alkohol dilaporkan pada kuesioner.

Praktek medis sering lebih memperhatikan skrining kanker daripada memeriksa kondisi kardiovaskular, dan apotek mungkin menjadi alternatif yang efektif, terutama untuk pasien yang lebih muda, kata para peneliti.

Selama program 4-bulan, apoteker mendeteksi faktor risiko yang sebelumnya tidak diketahui di 32% dari peserta yang berusia 25-64 tahun dan di 27% dari mereka yang berusia 65 tahun dan lebih tua. Sekitar 8% dari peserta memiliki diabetes, 44% memiliki tekanan darah tinggi, dan 57% memiliki kolesterol tinggi.

Penelitian ini dilakukan di Austria dimana peranan apoteker di apotek begitu penting dalam meningkatkan kualitas hidup pasien termasuk dalam menasihati pasien tentang kondisi kesehatan kronis.

Sumber :

  1. http://openheart.bmj.com/content/3/2/e000497.full
  2. http://www.pharmacist.com/pharmacies-may-top-doctors-offices-some-heart-risk-diagnoses
  3. http://www.wsj.com/articles/pharmacies-may-beat-doctors-offices-for-heart-risk-diagnoses-1475506363
Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca :  Apoteker bisa Berperan dalam Aborsi Legal

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Studi Buktikan Mutasi Virus Corona Tak Sebabkan COVID-19 Lebih Parah Tapi Cepat Menular

Majalah Farmasetika – Sebuah studi besar menunjukkan bahwa varian virus korona baru yang mungkin lebih …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.