Home / Sediaan & Alkes / Parenteral / FDA Setujui Obat Imunoterapi Kanker Paru-paru Pertama yang Lebih Efektif dari Kemoterapi

FDA Setujui Obat Imunoterapi Kanker Paru-paru Pertama yang Lebih Efektif dari Kemoterapi

farmasetika.com – Food and Drug Administration (FDA) Amerika hari ini (19/10) menyetujui obat imunoterapi kanker dari Roche, TECENTRIQ (atezolizumab), untuk metastatik non-small cell lung cancer (NSCLC). TECENTRIQ merupakan obat pertama di dunia untuk imunoterapi kanker anti-PD-L1 (anti programmed death-ligand). Persetujuan FDA didasarkan atas manfaat kelangsungan hidup TECENTRIQ dibandingkan dengan kemoterapi docetaxel.

Apa itu NSCLC?

Kanker paru-paru dimulai ketika sel-sel paru-paru menjadi abnormal dan mulai tumbuh di luar kendali. Sebagai sel kanker yang lebih berkembang, mereka dapat membentuk menjadi tumor dan menyebar ke area lain dari tubuh.

Ada 2 jenis utama kanker paru-paru:

· Sekitar 80% sampai 85% dari kanker paru-paru non-kecil kanker paru-paru sel (non-small cell lung cancer/NSCLC)

· Sekitar 10% sampai 15% adalah kanker paru-paru sel kecil (small cell lung cancer/SCLC)

FDA menyetujui TECENTRIQ

Drug Administration (FDA) menyetujui TECENTRIQ® (atezolizumab) untuk pengobatan orang dengan kanker paru-paru sel metastatik non-kecil (NSCLC) yang memiliki perkembangan penyakit selama atau setelah kemoterapi yang mengandung platinum, dan telah berkembang pada terapi yang ditargetkan jika tumor mereka memiliki EGFR(estimated glomerular filtration rate) atau kelainan gen ALK (anaplastic lymphoma kinase).

Persetujuan ini berdasarkan hasil dari uji klinik Tahap III “OAK” dan Tahap II “POPLAR”. Studi terbesar, OAK, menunjukkan bahwa TECENTRIQ membantu orang dalam populasi penelitian secara keseluruhan hidup median dari 13,8 bulan, 4,2 bulan lebih lama dibandingkan mereka yang diobati dengan docetaxel kemoterapi (median keseluruhan survival [OS]: 13,8 vs 9,6 bulan; HR = 0,74, 95% CI: 0,63, 0,87).

Penelitian ini melibatkan orang tanpa memandang status PD-L1 mereka dan termasuk kedua jenis penyakit skuamosa dan non-skuamosa.

“TECENTRIQ adalah pilihan baru untuk membantu orang dengan jenis kanker metastatik paru sebelumnya diobati, terlepas dari ekspresi PD-L1 dan hidup lebih lama dari kemoterapi” kata Sandra Horning, Kepala Medical Officer and Head of Global Product Development Roche.

Baca :  FDA Mempercepat Persetujuan Rubraca, Obat Terapi Baru Untuk Kanker Ovarium

“TECENTRIQ adalah yang pertama dan satu-satunya imunoterapi kanker yang disetujui yang dirancang untuk menargetkan protein PD-L1, yang mungkin memainkan peran penting dalam cara kerja obat.” tutupnya.

Program pengembangan TECENTRIQ mencakup lebih dari 15 uji klinis pada kanker paru-paru, termasuk tujuh fase III studi di sebelumnya tidak diobati (lini pertama) kanker paru-paru. Studi ini mengevaluasi penggunaan TECENTRIQ sendiri atau dalam kombinasi dengan obat lain.

Sumber :

  1. http://www.roche.com/media/store/releases/med-cor-2016-10-19.htm
  2. http://www.cancer.org/cancer/lungcancer-non-smallcell/detailedguide/non-small-cell-lung-cancer-what-is-non-small-cell-lung-cancer

 

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

FDA Setujui Terapi Pertama untuk Pasien Berkelainan Darah Langka “Beta Thalassemia”

farmasetika.com – Pada 8 November 2019, Badan Administrasi Obat dan Makanan AS memberikan persetujuan kepada …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar