Home / Berita / Obat Asma Ini Ternyata Mampu Mencegah Kerusakan Organ Hati
asma

Obat Asma Ini Ternyata Mampu Mencegah Kerusakan Organ Hati

Majalah Farmasetika (V1N8-Oktober 2016) – Obat anti-radang/anti-inflamasi natrium kromolin (cromolyn sodium) yang umumnya digunakan untuk mencegah alergi dan asma, temuan terbaru telah menemukan penggunaan baru yang potensial untuk obat ini.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Hepatology menunjukkan anti-inflamasi natrium kromolin dapat dikaitkan dengan mengurangi fibrosis hati (jaringan parut). Fibrosis hati merupakan kondisi di mana terjadi pembentukan jaringan ikat fibrosa yang berlebihan pada hati atau jaringan akibat proses peradangan atau penyembuhan.

Apa itu natrium kromolin

Natrium kromolin mencegah pelepasan dari kimia-kimia tertentu didalam paru-paru, seperti histamine, yang dapat menyebabkan asma. Kromolin bukanlah suatu corticosteroid dan umumnya tidak berhubungan dengan efek-efek sampingan yang signifikan. Kromolin berguna dalam pencegahan asma namun mempunyai efektivitas yang terbatas sekali asma akut mulai. Kromolin dapat membantu mencegah asma yang dipicu oleh latihan, udara dingin, dan unsur-unsur alergi, seperti dander kucing. Kromolyn mungkin digunakan baik pada anak-anak maupun pada orang-orang dewasa.

Penelitian terbaru tentang natrium kromolin

Para peneliti tergabung di Baylor Scott & White Research Institute, dan didanai oleh Central Texas Veteran’s Health Care System and Texas A&M Health Science Center.

Studi ini menemukan bahwa natrium kromolin berhasil memblok serangkaian sel yang dikenal untuk memicu fibrosis hati , yang pada gilirannya dapat menyebabkan sirosis hati. Peneliti mengevaluasi sel mast, yang menyusup dan berkembang biak setelah cedera hati dan melepaskan histamin, menyebabkan fibrosis hati. Dengan menggunakan model yang meniru manusia primary sclerosing cholangitis (PCS), peneliti menemukan bahwa obat berhasil memblokir histamin yang menyebabkan fibrosis.

PCS adalah penyakit kronis dimana terjadi kerusakan saluran empedu dan menyebabkan kerusakan hati yang serius, yang dihasilkan dari kerusakan jangka pendek, seperti cedera, atau kerusakan jangka panjang, seperti penyalahgunaan alkohol. Akibatnya, bekas luka hati dan membengkak; dari waktu ke waktu, penyakit ini dapat menyebabkan gagal hati, infeksi, atau tumor. Tidak ada pengobatan yang efektif untuk PCS, dan pasien harus sering resor untuk transplantasi hati.

Baca :  Inhaler Digital Pertama untuk Asma Mulai di Pasarkan 2019

“Kami telah memeriksa sel mast untuk beberapa tahun di laboratorium, dan menemukan bahwa mereka menjadi lebih menonjol dan aktif selama perkembangan penyakit ini, sehingga tujuan keseluruhan dari penelitian saya adalah untuk menemukan obat untuk menargetkan sel-sel mast dan membuat mereka tidak aktif,” kata Heather L. Bradley-Francis, PhD, peneliti di Digestive Disease Research Center di Baylor Scott & White Research Institute.

Meskipun hasil terbukti menjanjikan, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mendukung temuan awal studi tersebut dan menentukan apakah pasien dapat diberikan obat natrium kromolin di masa depan untuk mencegah fibrosis dengan harapan mengurangi kebutuhan untuk transplantasi hati.

“Jika Anda mendasarkan off studi ini, kemungkinan mengurangi atau mencegah fibrosis pada pasien bisa sangat tinggi,” tambah Dr Francis. “Kita perlu melakukan eksperimen tambahan untuk memastikan bahwa kami memberikan dosis yang akan ditoleransi untuk manusia.”

Sumber :

  1. http://www.forumsains.com/kesehatan/asma/5/?wap2
  2. http://www.pharmacytimes.com/news/common-asthma-drug-linked-to-potential-liver-disease-prevention
Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Aplikasi SIAP Terintegrasi dengan Aplikasi STRA KFN

Farmasetika.com – Sistem Informasi Apoteker (SIAP) telah dibangun oleh Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Skip to toolbar