Kemenkes dan BPOM Ajak Masyarakat Hidup Sehat dan Cerdas Konsumsi Obat di HKN 2016

farmasetika.com – Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 bertajuk “Aksi Sehat Untuk Indonesia” dihelat di Car Free Day Bundaran HI pada hari Minggu, 13 November 2016. Acara ini diantaranya diisi dengan long march dari Patung Sudirman – Bundaran HI – St. Sudirman.

Peringatan HKN 2016 diikuti 1100 peserta

Sedikitnya 1100 peserta long march yang terdiri dari mahasiswa farmasi, apoteker, dan masyarakat yang berasal dari Jakarta, Banten, Tangerang, Bogor, Depok, Lampung, Palembang, Kalimantan, Bandung, Tegal, dan Yogyakarta dilepas secara simbolik oleh Kepala Badan POM (BPOM), Ir. Penny K. Lukito, MCP didampingi Sekretaris Utama Dra. Reri Indriani, MSi, Apt, Sekretaris Ditjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes DR. Agusdini Banun, MARS, Apt, Direktur Pelayanan Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes Dra. Dettie Yuiati, M.Si, Apt, Direktur Pengawasan Alat Kesehatan Kemenkes, Ir. Sodikin Sadek.

Kemenkes ajak masyarakat hidup sehat

Dettie Yuliati mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan motto “Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat” yang dapat dimaknai secara luas dalam upaya preventif dan promotif, seiring dengan Program Indonesia Sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang tahun ini diluncurkan oleh Menteri Kesehatan.

hkn7

”Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) menekankan pentingnya edukasi bagi masyarakat agar berperilaku sehat. Sejalan dengan itu, terkait obat, tahun lalu telah diluncurkan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat).” ujar Dettie Yuliati.

“Gema Cermat merupakan upaya bersama antara pemerintah dan masyarakat melalui rangkaian kegiatan dalam rangka mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar,” lanjutnya.

Baca :  1,2 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Sinovac Tiba di Jakarta

Badan POM ajak masyarakat cerdas gunakan obat

Sementara itu, Penny K. Lukito,  mengajak masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas dengan mengonsumsi Obat dan Makanan yang aman. Selain itu masyarakat dihimbau untuk menjalankan pola hidup sehat, rajin berolahraga, istirahat teratur, serta mengonsumsi pangan bergizi seimbang. Pastikan makanan yang dikonsumsi memiliki izin edar Badan POM.

hkn6

“Hari ini kita berkumpul disini dalam rangka mendukung hari kesehatan nasional karena masyarakat harus sehat agar Indonesia Kuat, “pesannya.

“”Masyarakat harus menjadi konsumen cerdas agar terhindar dari Obat dan Makanan yang berbahaya bagi kesehatan. “ujar Penny.

Tentang Aksi Sehat Untuk Indonesia

Aksi Sehat Untuk Indonesia ini adalah salah satu upaya IKA ISMAFARSI dan ISMAFARSI yang didukung oleh Kemenkes RI, Badan POM RI, PD IAI Jakarta dengan mengajak masyarakat Indonesia, mahasiswa farmasi dan apoteker di CFD Bundaran HI untuk membiasakan  diri pola hidup sehat salah satunya yaitu berolahraga di acara Longmarch.

hkn2

“Kami bersama Kemenkes RI dan BPOM RI melakukan sosialisasi masyarakat hidup sehat dengan olahraga “dan istirahat teratur,  mengkonsumsi cukup nutrisi,  bahaya penggunaan obat secara tidak tepat dan pentingnya informasi obat bagi masyarakat, gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat (Gema Cermat), dan Gerakan Nasional Peduli Obat dan Pangan Aman (GNPOPA). Selain itu kami mempersiapkan posko edukasi masyarakat untuk konseling kesehatan, Tanya Lima-O, Aksi Teatrikal oleh ISMAFARSI,  Kampanye Anti Obat Palsu / STOP (Supaya Terhindar Obat Palsu),” ujar Ridho Muhammad Sakti, Project Officer HKN 52.

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Ketibaan vaksin AstraZeneca di Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (08/03/2021) sore. (Foto: Biro Pers Setpres/Rusman)

Kadaluarsa 31 Mei, Kemenkes Imbau Segera Gunakan Vaksin AstraZeneca

Majalah Farmasetika – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menerbitkan Surat Edaran …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.