Cegah Resistensi Antibiotik, Apoteker Layani Pemeriksaan Cepat Pasien Sakit Tenggorokan

farmasetika.com – National Health Service (NHS) di Inggris menyarankan penderita sakit tenggorokan untuk mengunjungi apoteker di Apotek sebelum ke dokter mereka untuk melakukan tes cepat on-the-spot yang  bisa melihat apakah mereka perlu antibiotik atau tidak. NHS merupakan program asuransi kesehatan di Inggris, mirip dengan sistem BPJS Kesehatan di Indonesia.

Layanan khusus ini bertujuan untuk mengurangi kunjungan ke dokter dan untuk membantu mengurangi penggunaan antibiotik berlebih. Diharapkan skema ini bisa menghasilkan lebih sedikit kunjungan ke dokter dan menyelamatkan jutaan poundsterling dalam program NHS per tahun.

Layanan test radang tenggorokan yang diberi nama (The Sore Throat Test and Treat service) telah diuji coba di 35 apotek. Test ini akan menentukan apakah suatu penyakit disebabkan oleh virus – yang berarti obat tidak akan membantu – atau infeksi bakteri.

Hasil dari swab test di tenggorokan, yang mengukur gula di lidah, membutuhkan waktu hanya dalam lima menit. Pasien yang dapat dibantu dengan antibiotik akan ditentukan oleh apoteker dan tidak harus pergi ke dokter umum.

Kepala eksekutif NHS Simon Stevens mengatakan skema tersebut akan diluncurkan di seluruh Inggris pada tahun 2017.

Dr Adam Roberts, seorang ahli mikrobiologi di University College London yang mengkhususkan diri dalam resistensi antibiotik, mengatakan kepada BBC itu “langkah yang cukup inovatif”.

“Apa pun yang mengurangi ketergantungan dan penggunaan antibiotik yang tidak tepat adalah hal yang baik.” ujar Dr Adam (12/11/2016).

“Data awal penggunaan kit ini menunjukkan bahwa sekitar 360 orang yang mengambil bagian hanya 36 diberi resep, dan ini merupakan pengurangan besar-besaran.” lanjutnya.

Claire Ward, ketua organisasi Pharmacy Voice, yang mewakili perdagangan, menyambut positif dan mengatakan itu adalah “program yang harus dilakukan di apotek komunitas”.

Baca :  Ahok Keluarkan Instruksi Pengendalian Operasional Apotek, Apotek Generik, Apotek Rakyat dan Toko Obat

Tes tenggorokan adalah salah satu dari delapan inovasi medis yang diperkenalkan untuk membantu NHS memodernisasi dalam menghadapi peningkatan permintaan.

Sir Bruce Keogh, direktur medis nasional NHS Inggris, mengatakan “inovasi bukanlah pilihan tetapi suatu keharusan jika kita ingin membangun NHS berkelanjutan”.

“Inovasi yang dipilih untuk program ini memiliki potensi untuk memberikan nilai yang lebih baik untuk wajib pajak sementara membuat interaksi pasien dengan NHS lebih aman dan lebih pribadi,” katanya.

Sumber : http://www.bbc.com/news/health-37961366

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Studi Buktikan Mutasi Virus Corona Tak Sebabkan COVID-19 Lebih Parah Tapi Cepat Menular

Majalah Farmasetika – Sebuah studi besar menunjukkan bahwa varian virus korona baru yang mungkin lebih …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.