eksim salep
pic : freedigitalphotos.net

Salep Eucrisa, Pilihan Terapi Baru Untuk Eksim Penghambat Enzim Phosphodiesterase

farmasetika.com – Food and Drug Administration (FDA) kemarin (14/12) menyetujui salep Eucrisa (crisaborole) untuk mengobati dermatitis atopik atau eksim ringan sampai sedang pada pasien usia dua tahun dan lebih tua.

Apa itu dermatitis atopik?

Dermatitis atopik, penyakit kulit inflamasi kronis, sering disebut sebagai “eksim,” yang merupakan istilah umum untuk beberapa jenis peradangan kulit. Dermatitis atopik merupakan bentuk paling umum dari berbagai jenis eksim dan onset biasanya dimulai pada masa kanak-kanak dan dapat bertahan sampai dewasa.

Penyebab dermatitis atopik adalah kombinasi dari faktor genetik, kekebalan tubuh dan lingkungan. Pada dermatitis atopik, kulit berkembang merah, bersisik dan berkulit gundukan, yang sangat gatal. Menggaruk mengarah ke pembengkakan, retak, “menangis” cairan bening, dan akhirnya, pengasaran dan penebalan kulit.

Eucrisa disetujui FDA

“Persetujuan ini memberikan pilihan pengobatan lain untuk pasien yang berurusan dengan dermatitis atopik ringan sampai sedang,” kata Amy Egan, wakil direktur Office of Drug Evaluation III di Pusat Evaluasi dan Penelitian Obat FDA.

Salep Eucrisa dioleskan dua kali sehari merupakan inhibitor phosphodiesterase 4 (PDE-4), meskipun mekanisme kerjanya secara spesifik di dermatitis atopik belum diketahui.

Uji keamanan, kemanjuran, dan efek samping Eucrisa

Keamanan dan kemanjuran Eucrisa didapat dari dua uji klinik terkontrol plasebo dengan total 1.522 peserta mulai usia dua tahun sampai 79 tahun, dengan dermatitis atopik ringan hingga sedang. Secara keseluruhan, peserta menerima Eucrisa mencapai respon yang lebih besar dengan kulit yang jelas atau hampir jelas setelah 28 hari pengobatan.

Efek samping yang serius dari Eucrisa termasuk reaksi hipersensitivitas. Eucrisa tidak boleh digunakan pada pasien yang memiliki reaksi hipersensitivitas terhadap bahan aktif Eucrisa ini, crisaborole. Efek samping yang paling umum dari Eucrisa adalah aplikasi situs nyeri, termasuk pembakaran atau menyengat.

Baca :  Pankreas Buatan Terbukti Dapat Mengontrol Gula Darah Pada Pasien Diabetes Tipe 2

Eucrisa diproduksi oleh Palo Alto, California berbasis Anacor Pharmaceuticals, Inc. untuk pasar di Amerika.

Sumber :

FDA approves Eucrisa for eczema. http://www.fda.gov/NewsEvents/Newsroom/PressAnnouncements/ucm533371.htm (diakses 15 Desember 2016).

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Pemazyre (Pemigatinib), Terapi Baru Kanker Saluran Empedu

Majalah Farmasetika – FDA memberikan persetujuan dipercepat untuk obat Pemigatinib pada tanggal 17 April 2020, …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.