Apoteker Tanggap Bencana Mulai Salurkan Bantuan Peduli Banjir

Farmasetika.com – Imbas terjadinya banjir di beberapa daerah di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya (1/1/2020), Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI) telah meminta Apoteker Tanggap Bencana (ATB) PP IAI untuk berkoordinasi dengan ATB di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

“Hari ini kita lihat masing-masing wilayah sudah bergerak mengumpulkan bantuan dan turun di wilayahnya masing-masing” ujar Sekretaris Jenderal PP IAI, Nofendri, dihubungi melalui pesan singkat (2/1/2020).

Berdasarkan informasi dari BPBD Kabupaten Bekasi, Dani, ada wilayah yang paling terisolir di Taruma Jaya Kecamatan Buni Bakti yang tidak terjamah sama sekali karena akses dilalui rata dengan air. Bantuan sangat dibutuhkan adalah pakaian, obat-obatan, makanan, dan air bersih.

“Tim apoteker Pengurus Cabang Kabupaten Bekasi meninjau lokasi terdampak banjir di Perumahan Grand Permata Regency Tambun dan menyerahkan langsung beberapa bantuan berupa mie, air mineral, susu, teh, dan gula kepada para korban bencana banjir” dalam sebuah instagram story Pengurus Cabang (PC) IAI Kabupaten Bekasi (3/1/2020).

Pada pukul 14.00 WIB, tim apoteker PC IAI Kabupaten Bekasi meninjau lokasi ke jalan raya Pertamina Buni Bakti Kecamatan Babelan, Bekasi.

“Kondisi saat ini genangan masih tinggi, dan jika ingin menyerahkan bantuan logistik minta izin ke lurah setempat untuk meletakan bantuan logistik. Belum ada posko kesehatan, obat-obatan belum tersedia” jelasnya.

Sementara itu, PD IAI Jabar telah menyerahkan bantuan awal yang didistribusikan melalui Jabar Bergerak yang dipimpin oleh istri gubernur Jawa Barat, Atalia Pranata, di gedung Pakuan dan Kabupaten Bandung Barat dari PC IAI Kota Bandung. Bantuan terdiri dari mie instan, selimut, susu, obat obatan, pakaian layak pakai, makanan bayi dan air minum.

“Terimakasih juga kami ucapkan kepada PC IAI Kota Bandung, Kabupaten Sumedang yang terlah berpartisipasi dalam memberikan bantuannya melalui PD IAI Jabar. Jangan berhenti sampai disini ya, kesempatan untuk berbagi berbuat baik kepada sesama masih terbuka” tertulis di akun instagram resmi PD IAI Jabar (3/1/2020).

“Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan sejawat dengan limpahan kebahagiaan dan dijauhkan dari segala bentuk hal yang tidak baik.
Hadirkan cinta untuk sesama” lanjutnya.

Sementara itu PC IAI Kota Bandung turut serta dalam menyalurkan bantuan dari Kalbe Farma.

“Terimakasih kepada Kalbe Farma atas sumbangan makanan bayi Milna bagi Korban banjir di Jawa Barat.” tulis akun instagram PC IAI Kota Bandung (3/1/2020).

View this post on Instagram

[APOTEKER PEDULI] ~ Bencana banjir yang disebabkan curah hujan yang sangat tinggi pada Selasa, 31 Desember 2019 menyebabkan terjadinya bencana banjir bandang dan tanah longsor di Provinsi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. 31 kecamatan dan 60 desa di Banten yang tersebar di wilayah Lebak, Serang, serta Tangerang terkena dampaknya. ~ Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (PD IAI) dan Apoteker Tanggap Bencana (ATB) Provinsi Banten bergerak cepat tanggap dan sigap untuk meringankan beban masyarakat para korban bencana tersebut. ~ Donasi berupa barang dan dana telah dikumpulkan di Sekretariat PD IAI Banten. Sebagian bantuan telah diserahkan kepada para korban di tempat pengungsian wilayah Kota Tangerang oleh perwakilan ATB Banten, PD IAI Banten dan PC IAI Kota Tangerang. ~ Selanjutnya bantuan akan disalurkan kepada korban di Kabupaten Lebak, pada Ahad, 6 Januari 2020. Kegiatan bakti sosial ini merupakan kolaborasi antara Dinas Kesehatan Prov. Banten dan Kab. Lebak, ATB, IAI, IDI, PAFI, PPNI, PSC (Public Safety Center), BSMI (Bulan Sabit Merah Indonesia), Rumah Sakit dr. Drajat Prawiranegara Kab. Serang dan beberapa lembaga kemanusiaan. ~ Sejumlah dokter, Apoteker, perawat, tenaga teknis kefarmasian, dan relawan akan melakukan aksi pemeriksaan kesehatan dan menyalurkan donasi di lokasi yang terkena dampak banjir terparah di Provinsi Banten tersebut. Kegiatan ini dilaporkan kepada Dinas Kesehatan Provinsi Banten. ~ Bagi sejawat dan masyarakat yang ingin menyalurkan donasi berupa uang dapat melakukan transfer ke rekening Bank Mandiri an. Ikatan Apoteker Indonesia *163-00-01350217* (Berikan kode angka 6 pada nominal yang Anda transfer contoh 100.006) Konfirmasi transfer kepada Apt Zulhijrah 0853-1185-2829. ~ Terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan donasi. Semoga bantuan dan doa dari seluruh sejawat dan masyarakat dapat meringankan beban penderitaan Saudara kita di sana. ~ @atbbanten @pdiai.banten @hisfarkesmasbanten2019 @iypg.banten @ahmadsofanapt ~ #apotekertanggapbencana #apotekerbanten #aksipeduli #atbbanten #apotekerpeduli #apotekerindonesia #apotekermuda #banjir #banjirbanten #pedulibanjirbanten #gemacermat

A post shared by PP Ikatan Apoteker Indonesia (@ppiai) on

Share this:
  • 105
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    105
    Shares

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Ketua PP IAI : Petisi Online Mosi Tidak Percaya adalah Fitnah yang Keji terhadap Apoteker dan IAI

Majalah Farmasetika – Petisi online terkait “Mosi tidak percaya kepada Ketua Umum (Ketum) dan Sekretaris …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.