Kulit Biji Jengkol Berkhasiat Antioksidan

Farmasetika.com – Tanaman jengkol (Archidendron jiringa) adalah tanaman yang banyak dijumpai di Indonesia. Biji dari tanaman jengkol banyak digunakan sebagai makanan, baik itu dengan dimasak seperti direbus, digoreng, dan dicampur bumbu, ataupun dimakan segar.

Jengkol ini sering dimakan bersamaan dengan nasi. Banyak orang gemar memakan jengkol, tetapi tidak sedikit juga yang menghindari memakan jengkol karena baunya yang tidak sedap. Baunya yang tidak sedap membuat beberapa orang menolak untuk mencoba memakannya.

Walaupun memiliki bau yang tidak sedap, biji jengkol ternyata memiliki khasiat yang sangat berguna bagi tubuh. Biji jengkol berkhasiat sebagai antioksidan karena mampu membasmi radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dalam tubuh apabila berlebihan dapat membahayakan karena dapat memicu kanker. Jadi, konsumsi jengkol dapat mencegah risiko kanker.

Kandungan senyawa pada biji jengkol yang berkhasiat sebagai antioksidan adalah senyawa flavonoid dan polifenol.

Selama ini, biji jengkol yang dikonsumsi telah diketahui khasiatnya. Tetapi jarang ada yang menyebut khasiat dari kulit biji jengkol itu sendiri. Sebenarnya, apakah kulit biji jengkol memiliki kandungan yang berkhasiat bagi tubuh?

Ternyata, selain bijinya, kulit biji jengkol yang selama ini selalu dibuang dan menjadi sampah juga memiliki khasiat sebagai antioksidan. Menurut penelitian, ekstrak kulit biji jengkol mengandung senyawa fenolik sehingga memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi.

Oleh karena itu, kulit biji jengkol dapat menjadi rekomendasi sumber obat herbal yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mengobati berbagai macam penyakit atau menjaga stamina tubuh.

Sumber:

Cholisoh, Z., dan Utami, W. 2008. AKTIVITAS PENANGKAP RADIKAL EKSTRAK ETHANOL 70% BIJI JENGKOL (Archidendron jiringa). PHARMACON. Vol 9(1): 33-40.

Lubis, M., dkk. 2019. Aktivitas Antioksidan Fenolik Total Ekstrak Kulit Biji Jengkol (Archidendron Jiringa (Jack) I. C. Nielsen). TALENTA Conferences Series: Science & Technology. Vol 2(1): 72-78.

Share this:
  • 84
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    84
    Shares
Baca :  Konsumsi Jamur Tiram Bisa Cegah Penuaan Dini

About Gabriella J. C.

Gabriella J. C., 19th Lahir di Karawang, 10 Desember 2000 Mahasiswa, Farmasi Unpad 2018

Check Also

Daun Pegagan, Herbal Ajaib Peningkat Kecerdasan Otak!

Farmasetika.com – Daun pegagan yang memiliki nama ilmiah Centella Asiatica alias gotu kola adalah tanaman …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.