Resveratrol, Bahan Bakar Antioksidan dan Antiradang dalam Tubuh

Majalah Farmasetika – Resveratrol pertama kali diisolasi oleh dokter Jepang Michio Takaoka pada tahun 1939, tetapi berbagai manfaat kesehatannya tidak sepenuhnya dipahami sampai para ilmuwan menemukan keberadaannya dalam anggur merah pada 1990-an.

Apa itu resveratrol?

Resveratrol adalah polifenol, senyawa alami yang ditemukan pada tanaman. Polifenol memiliki sifat antioksidan dan membantu melindungi tanaman dan hewan dari stres oksidatif dan kerusakan sel.

Resveratrol ditemukan dalam sejumlah makanan dan minuman—termasuk anggur, kacang tanah, kakao, anggur merah, juga berasal dari berbagai tumbuhan yang dapat digunakan dalam suplemen.

Manfaat kesehatan dari resveratrol
Resveratrol adalah fitonutrien unik dengan banyak sifat biologis intrinsik yang memberikan manfaat kesehatan—termasuk aktivitas antioksidan, anti-inflamasi, neuroprotektif, dan kardioprotektif.

Cara resveratrol meningkatkan kesehatan

1. Aktivitas antioksidan langsung.

Resveratrol adalah fitokimia antioksidan kuat yang membantu membersihkan tubuh dari spesies oksigen reaktif (ROS) dan radikal bebas lainnya (untuk memerangi stres oksidatif).

2. Ketahanan dan umur panjang seluler.

Penurunan jumlah mitokondria yang ada dalam sel adalah tanda penuaan dan berbagai masalah kesehatan. Resveratrol mengatur dan melindungi kesehatan mitokondria dan biogenesis (alias sintesis mitokondria), yang meningkatkan umur panjang jantung, otak, dan seluruh tubuh.

3. Sifat neuroprotektif.

Berbicara tentang umur panjang dan sehat, melengkapi dengan resveratrol juga telah terbukti meningkatkan aliran darah otak dan meningkatkan memori dan fungsi kognitif secara keseluruhan.

4. Fungsi pembuluh darah.

Dalam hal kesehatan jantung, resveratrol bersifat kardioprotektif, terbukti mengurangi stres oksidatif vaskular dan kekakuan arteri , mengatur tingkat tekanan darah , dan meningkatkan aktivitas anti-inflamasi.

Baca :  Kulit Biji Jengkol Berkhasiat Antioksidan

5. Dukungan fungsi kekebalan tubuh.

Sebagian besar karena sifat pembangkit tenaga anti-inflamasi dan antioksidannya, resveratrol mendukung fungsi kekebalan dengan memediasi regulasi sel kekebalan, produksi dan keseimbangan sitokin, dan ekspresi gen.

Ketersediaan hayati resveratrol
Resveratrol adalah fitonutrien kuat dengan sejumlah manfaat fisiologis.

Sisi negatifnya?

Resveratrol dimetabolisme dengan cepat , sehingga sangat sulit bagi tubuh manusia untuk menggunakannya. Jadi, bagaimana kita bisa sepenuhnya memanfaatkan kekuatan fitonutrien ini? Penambahan piperin .

Aktivitas antioksidan resveratrol dan dukungan umur panjang menarik dan perlu menjadi bagian dari jajaran bioaktif botani (yang mencakup pemain umur panjang seperti glutathione, lycopene, lutein, dan zeaxanthin) dalam formula multivitamin+ utama. Jadi, selain resveratrol yang berasal dari knotweed Jepang (nama tanaman teknisnya adalah Polygonum cuspidatum ), kami menambahkan piperin dari lada hitam untuk secara langsung mempromosikan bioavailabilitas resveratrol dengan membantu penyerapannya.

Referensi :
Morgan chamberlain. 2022. Resveratrol Fuels Antioxidant & Anti-Inflammatory Pathways In The Body. https://www.mindbodygreen.com/articles/what-is-resveratrol.

Share this:

About Ayu Dewi Widaningsih

Pharmacy Student

Check Also

Gizi Rendah Berpotensi Besar Terkena Diabetes di 10 Tahun Kedepan

Majalah Farmasetika – Orang dewasa muda yang berisiko mengalami kerawanan pangan mengalami peningkatan kejadian diabetes …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.