Download Majalah Farmasetika

RK : Social Distancing Gagal, RS Kewalahan, Banyak Meninggal

Farmasetika.com – Libur nasional selama 14 hari telah digaungkan Presiden Joko Widodo untuk memutus rantai penularan wabah COVID-19, sejalan dengan hal itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengingatkan warganya agar benar-benar melakukan social distancing atau menjaga jarak interaksi sosial dengan warga lainnya.

Dalam akun sosial media pribadinya memposting video saduran dari Washington Post yang dialihbahasakan oleh Edward Suhadi dengan menggambarkan kembali kurva yang bertuliskan “Semua Sakit Berbarengan, RS (Rumah Sakit) ga sanggup orang sakit diisolasi, makin menyebar, banyak orang meninggal”.

Hal ini bukan langkah menakuti warganya, tetapi telah menjadi fakta di Italia dimana lebih dari 300 orang meninggal setiap harinya, dan kotanya pun di Lockdown. Terlebih saat ini warga Indonesia malah asik berliburan dan berkumpul ditempat wisata dengan memanfaatkan liburan nasional.

“14 hari ke depan adalah waktu kritikal. Jika kita cuek dan tidak taat pada anjuran untuk mengurangi interaksi sosial, tidak jaga jarak, masih wara wiri atau tidak melakukan social distancing, maka penyebaran tidak akan terkontrol seperti data di gambar warna coklat. Karena virus ini juga terbukti bermukim di orang-orang yang terlihat sehat dan tidak bergejala sakit.” Tulis Ridwan Kamil.

“Jika kita taat, disiplin dan mau kurangi interaksi sosial di awal 14 hari ini atau melakukan Social Distancing seperti di gambar warna biru maka penyebaran bisa jauh berkurang dan bisa dikontrol dengan baik.” Lanjutnya.

RK mengajak warganya untuk memerangi penyebaran virus corona atau covid-19 dengan banyak berdiam di rumah, kecuali untuk hal wajib (pekerjaan yang tidak bisa pindah ke rumah). Jika status memburuk dan sudah Lockdown, maka kewajiban bekerja pun tidak bisa dilakukan.

Baca :  Setelah AS, Cina Mulai Ujicoba Vaksin COVID-19 Ke Manusia

“Urusan melawan virus corona ini adalah urusan bersama. Mari taat dan bersemangat.” Tutupnya.

Share this:

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi majalah populer. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Ayok Apoteker! Tunjukkan Peranmu Untuk Pengaruhi Pasien Agar Mau Divaksinasi

Majalah Farmasetika – Pembicaraan tentang vaksinasi hanya meningkat sejak pandemi COVID-19. Menurut temuan dari sebuah …

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.