Minim APD, 42 Organisasi Profesi Ancam Mogok Tangani Pasien COVID-19

farmasetika.com – Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Daeng M Faqih, pada Jumat, 27 Maret 2020, menandatangani surat pernyataan bersama 42 organisasi profesi termasuk Ikatan Apoteker Indonesia (IAI). Isi surat pernyataan tersebut berupa ancaman mogok melakukan perawatan penanganan terhadap pasien COVID-19, jika pemerintahan tidak memenuhi APD yang dibutuhkan

“Dalam kondisi wabah saat ini kemungkinan setiap pasien yang kami periksa adalah orang dalam pemantauan (ODP) atau pasien dalam pengawasan (PDP) atau pasien COVID-19. Jumlah tenaga kesehatan yang terjangkit COVID-19 semakin meningkat bahkan sebagian meninggaldunia. Setiap tenaga kesehatan berisiko untuk tertular COVID-19.” tertulis dalam surat pernyataan.

“Maka, kami meminta terjaminnya Alat Pelindung Diri (APD) yang sesuai untuk setiap tenaga kesehatan. Bila hal ini tidak terpenuhi maka kami meminta kepada anggota profesi kami untuk sementara tidak ikut melakukan perawatan penanganan pasien COVID-19 demi melindungi dan menjaga keselamatan Sejawat. Karena Sejawat yang tertular COVID-19,s elain akan jatuh sakit, akan berdampak pada terhentinya pelayanan penanganan kepada pasien serta dapat menularkan kepada pasien.” harapan sekaligus ancaman mogok dari 42 organisasi profesi yang diwakili oleh Daeng M Faqih.

Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI) ketika dikonfirmasi oleh Majalah Farmasetika membenarkan adanya surat pernyataan bersama ini yang tandatangannya diwakili oleh ketua IDI.

PP IAI sendiri saat ini sedang melakukan aksi Solidaritas Kemanusiaan Apoteker Indonesia bagi Penanggulangan Wabah COVID-19.

“Melalui kesadaran bersama seluruh komponen masyarakat, diharapkan upaya pengendalian wabah Covid-19 menjadi semakin berhasil untuk membawa bangsa Indonesia kepada keadaaan yang lebih sehat dan sejahtera.” tulis akun media sosial PP IAI.

Donasi dapat diberikan melalui Rekening BNI Cabang Harmoni Nomor 0902637081 a.n Ikatan Apoteker Indonesia.

Baca :  Menkes Akan Hadiri Pengukuhan Apoteker Spesialis Farmasi Nuklir Pertama di Indonesia

Sumber :

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download [323.18 KB]

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

UU Praktik Kefarmasian Pertegas Cakupan Layanan Praktik Apoteker di Masyarakat

Majalah Farmasetika – Cakupan peran praktik kefarmasian mencakup aspek yang sangat luas dan unik karena …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.