GSK dan Sanofi Berkolaborasi Temukan Vaksin COVID-19

Majalah Farmasetika – Dua perusahaan vaksin terbesar di dunia, GlaxoSmithKline (GSK) dan Sanofi bergabung untuk saling berkolaborasi kekuatan dan teknologi untuk mengembangkan vaksin COVID-19.

Di bawah kolaborasi ini, Sanofi akan menyumbangkan antigen S-protein COVID-19, yang didasarkan pada teknologi DNA rekombinan.

Menurut perusahaan, teknologi ini telah menghasilkan kecocokan genetik yang tepat dengan protein yang ditemukan di permukaan virus, dan urutan DNA yang mengkode antigen ini telah digabungkan menjadi DNA dari platform ekspresi baculovirus, basis produk influenza rekombinan Sanofi berlisensi di Amerika.

GSK akan berkontribusi teknologi adjuvan pandemi yang sudah terbukti, yang dirancang untuk meningkatkan respon imun terhadap vaksin dan dapat menjadi sangat penting dalam situasi pandemi karena dapat mengurangi jumlah protein vaksin yang diperlukan per dosis.

“Kolaborasi ini menyatukan dua perusahaan vaksin terbesar di dunia,” kata kepala eksekutif GSK Emma Walmsley dikutip dari Pharmatimes (15/4/2020).

“Dengan menggabungkan ilmu pengetahuan dan teknologi kami, kami percaya kami dapat membantu mempercepat upaya global untuk mengembangkan vaksin untuk melindungi sebanyak mungkin orang dari COVID-19.” lanjutnya.

Seperti yang sebelumnya diumumkan oleh Sanofi, pengembangan kandidat vaksin COVID-19 berbasis rekombinan didukung melalui pendanaan dan kolaborasi dengan Otoritas Penelitian dan Pengembangan Biomedis Lanjutan (BARDA) di AS.

“Aliansi strategis di antara para pemimpin industri vaksin sangat penting untuk membuat vaksin coronavirus tersedia sesegera mungkin,” komentar Direktur BARDA Rick Bright.

“Pengembangan kandidat vaksin COVID-19 berbasis rekombinan adjuvan berpotensi untuk menurunkan dosis vaksin untuk menyediakan vaksin kepada lebih banyak orang untuk mengakhiri pandemi ini, dan membantu dunia menjadi lebih siap atau bahkan mencegah wabah koronavirus di masa depan.” lanjutnya.

Perusahaan-perusahaan telah membentuk Satuan Tugas Kolaborasi Bersama, yang diketuai bersama oleh David Loew, kepala global Vaksin, Sanofi dan Roger Connor, presiden Vaksin, GSK, yang akan berusaha keras untuk mengamankan sumber daya dari kedua perusahaan untuk mencari setiap peluang untuk mempercepat pengembangan kandidat vaksin.

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca :  Novavax Mulai Uji Klinik Fase II Kandidat Vaksin COVID-19

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Ilmuwan Pantau Potensi Bahaya Vaksin COVID-19 Terkait Antibody-Dependent Enhancement

Majalah Farmasetika – Peneliti vaksin COVID-19 mulai memperhatikan pengaruh peningkatan kekebalan tubuh yang justru dapat …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.