FIP Rilis Pedoman Layanan Vaksinasi oleh Apoteker

Majalah Farmasetika – Apoteker di seluruh dunia sekarang dapat menggunakan pedoman yang dikeluarkan oleh Federasi Farmasi Internasional (The International Pharmaceutical Federation/FIP) untuk membantu para apoteker memperluas peran mereka dalam imunisasi (25/6/2020).

Apa itu FIP?

FIP adalah federasi global dari asosiasi apoteker nasional, ilmuwan farmasi, dan dalam hubungan resmi dengan Organisasi Kesehatan Dunia.

FIP memiliki lebih dari 150 anggota organisasi profesi apoteker di seluruh dunia termasuk Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), FIP mewakili lebih dari empat juta praktisi, ilmuwan, dan pendidik di seluruh dunia. Visi FIP adalah dunia di mana setiap orang mendapat manfaat dari akses ke obat-obatan dan perawatan farmasi yang aman, efektif, berkualitas dan terjangkau. www.fip.org

FIP luncurkan panduan layanan imunisasi untuk apoteker

Pedoman yang berjudul “Give it a shot: Expanding immunisation coverage through pharmacists”, telah tersedia dan menawarkan panduan praktis tentang penerapan layanan vaksinasi dan menetapkan peran dan persyaratan teknis untuk layanan terkait vaksinasi oleh apoteker.

FIP membuat dokumen ini tersedia secara bebas untuk apoteker dan tim mereka di seluruh dunia. Pedoman ini berisi rangkuman kasus untuk vaksinasi berbasis apoteker dan menyajikan kompilasi bukti serta praktik terbaik.

“FIP sangat percaya bahwa apoteker harus terlibat dalam strategi vaksinasi dalam banyak peran di seluruh dunia dan telah memberikan prioritas tinggi pada bidang ini selama satu dekade. Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah negara yang telah memperkenalkan vaksinasi oleh apoteker atau apotek komunitas telah meningkat. Namun, hambatan dan penentangan terhadap perluasan ruang lingkup praktik apoteker ini masih ada di banyak negara dan dengan sumber daya ini, kami ingin menginspirasi negara-negara ini untuk bergerak maju dan individu untuk bertindak, ”kata Presiden FIP, Dominique Jordan dikutip dari situs resmi FIP (2/7/2020).

“Vaksinasi adalah salah satu intervensi kesehatan paling sukses, aman dan hemat biaya sepanjang masa. Meningkatkan cakupan vaksinasi adalah keharusan global dan apoteker harus bergabung dengan upaya ini. ” tutup Jordan.

Sumber :

Buku Panduan Layanan Imunisasi oleh Apoteker dari FIP. https://gudangilmu.farmasetika.com/buku-panduan-layanan-imunisasi-oleh-apoteker-dari-fip/

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

BPOM : Produk Bio Nuswa yang Diklaim Hadi Pranoto Anti COVID-19 Tak Pernah di Produksi

Majalah Farmasetika – Viralnya isu produk herbal yang diklaim dapat menyembuhkan pasien COVID-19 oleh sosok …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.