Gambar oleh Shafin Al Asad Protic dari Pixabay

Peneliti dari 30 Negara Desak WHO Perhatikan Penyebaran COVID-19 Lewat Udara

Majalah Farmasetika – Para ilmuwan mendesak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mempertimbangkan kembali sikapnya terkait penyebaran COVID-19 melalui transmisi udara (7/7/2020).

239 ilmuwan yang tersebar di lebih dari 30 negara mendesak WHO untuk lebih fokus dalam menilai kemungkinan penyebaran COVID-19 di udara. Menjelang publikasi hasil penelitian mereka yang segera terbit.

“Sudah waktunya untuk mengatasi transmisi COVID-19 di udara,” menurut kelompok ilmuwan itu dengan mengirim surat yang menguraikan bukti bahwa partikel virus yang lebih kecil dapat menginfeksi orang saat mengudara.

Saat ini, WHO mengatakan penularan virus melalui udara hanya mungkin dilakukan untuk prosedur medis yang menghasilkan aerosol atau tetesan lebih kecil dari 5 mikron.

Dr Benedetta Allegranzi, pimpinan teknis WHO pada pengendalian infeksi, mengatakan bukti untuk virus yang menyebar melalui udara tidak meyakinkan.

“Terutama dalam beberapa bulan terakhir, kami telah menyatakan beberapa kali bahwa kami menganggap transmisi udara sebagai mungkin tetapi tentu saja tidak didukung oleh bukti yang kuat atau bahkan jelas. Ada perdebatan yang kuat tentang ini.” tutur Allegranzi dikutip dari The New York Times.

Meskipun kelompok ini mendorong WHO untuk mempertimbangkan kembali keputusannya, mungkin tidak layak bagi negara-negara berpenghasilan rendah untuk mengambil tindakan pencegahan jika sains tidak konklusif.

Dr Paul Hunter, anggota komite pencegahan infeksi dan profesor kedokteran di Universitas East Anglia, mengatakan WHO harus menemukan “keseimbangan” antara ilmu hasil riset dan meminta negara-negara untuk mengalihkan sumber daya yang langka ke langkah-langkah yang mungkin tidak diperlukan.

“itu hal termudah di dunia untuk mengatakan, ‘Kita harus mengikuti prinsip kehati-hatian,’ dan mengabaikan faktor keuangan untuk peluang itu.” Hunter menambahkan.

Sumber : Scientists urge World Health Organization to reconsider stance on COVID-19 airborne spread http://www.pharmafile.com/news/553020/scientists-urge-world-health-organization-reconsider-stance-covid-19-airborne-spread

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

BPOM : Produk Bio Nuswa yang Diklaim Hadi Pranoto Anti COVID-19 Tak Pernah di Produksi

Majalah Farmasetika – Viralnya isu produk herbal yang diklaim dapat menyembuhkan pasien COVID-19 oleh sosok …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.