Gambar oleh Miguel Á. Padriñán dari Pixabay

Presiden Trump Resmi Tarik Donasi dan Keluarkan AS dari WHO

Majalah Farmasetika – Presiden Donald Trump secara resmi telah mengakhiri keanggotaan Amerika Serikat di Organisasi Kesehatan Dunia/World Health Organization (WHO).

Pemerintah AS dibawah kepemimpinan Trump pada hari Selasa (6/7/2020) memulai proses penarikan secara resmi AS dari WHO yang akan berlaku pada Juli 2021 setelah ia berulang kali mengkritik badan pada masa pandemi coronavirus (COVID-19) karena dugaan informasi yang salah tentang virus tersebut.

Trump anggap WHO gagal

Badan kesehatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menerima serangan kritikan dari Trump, yang mengklaim bahwa pihaknya gagal untuk dengan cepat mendapatkan dan berbagi informasi yang berharga, menyebarkan informasi yang tidak benar dan atas permintaan Cina.

“WHO benar-benar gagal. Untuk beberapa alasan, sebagian besar didanai oleh Amerika Serikat, namun sangat Cina sentris. Kami akan memberikan tampilan yang bagus, ” tulis Trump di bulan April melalui akun twitternya.

Pemerintahan itu juga mengecam organisasi itu karena diduga mengkritik larangan perjalanannya, dengan sebuah lembar fakta Gedung Putih mengklaimnya “membuat keputusan bencana untuk menentang pembatasan perjalanan dari Tiongkok dan negara-negara lain — meskipun bertepuk tangan atas pembatasan perjalanan di China sendiri — yang mengarah ke penyebaran lebih lanjut dari virus secara internasional.

Administrasi Trump meminta untuk memotong jumlah dana Amerika untuk WHO kembali pada bulan Februari, dari $ 122,6 juta menjadi $ 57,9 juta. Ini secara historis menjadi penyandang dana terbesar WHO dan menyediakannya dengan $ 400 juta pada 2018-2019, yang hanya di bawah 15% dari anggarannya. Sebagai perbandingan, China hanya menyumbang $ 76 pada periode yang sama. Pada bulan Mei, Trump mengumumkan pembekuan untuk pendanaan AS dari WHO, karena dugaan bias terhadap China, dan mengancam akan menghapus AS dari organisasi sama sekali.

Kongres demokrat dan resolusi 1948

Trump telah memberi tahu PBB dan Kongres tentang niatnya untuk mundur pada 6 Juli 2021. Kongres yang dikendalikan Demokrat mungkin tidak akan menyetujui langkah itu, tetapi resolusi 1948 memungkinkan AS untuk mundur jika memberikan pemberitahuan satu tahun dan membayar semua biaya yang belum dibayar. .

Ada banyak kritik terhadap kepindahan dari Demokrat, dengan Senator Robert Menendez, Demokrat terkemuka di Komite Hubungan Luar Negeri.

Mantan Wakil Presiden Joe Biden, calon calon presiden dari Partai Demokrat, mengatakan: “Pada hari pertama saya sebagai Presiden, saya akan bergabung kembali dengan WHO dan mengembalikan kepemimpinan kami di panggung dunia.”

Sumber :

Trump Begins Process Of U.S. Withdrawal From World Health Organization https://www.forbes.com/sites/andrewsolender/2020/07/07/trump-officially-withdraws-us-from-world-health-organization/

Trump moves to formally remove the US from the World Health Organization http://www.pharmafile.com/news/553074/trump-moves-formally-remove-us-world-health-organization

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Konsumsi Obat Asam Lambung PPI Tingkatkan Resiko Tertular COVID-19

Majalah Farmasetika – Obat golongan Proton Pump Inhibitor (PPI) seperti lansoprazole, omeprazole, dan esomeprazole yang …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.