Gambar oleh Arek Socha dari Pixabay

Hindari Efek Samping, BPOM Rilis Materi Edukasi Hemlibra (Emicizumab)

Majalah Farmasetika – Pusat Farmakovigilans / MESO Nasional Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI mengeluarkan “safety communication” untuk obat hemofilia A Hemlibra (Emicizumab) yang dikaitkan dengan resiko terjadinya mikroangiopati trombotik, tromboembolisme, dan intervensi.

“PT Roche Indonesia mendiseminasikan materi edukasi untuk produk Hemlibra (emicizumab) yang terdiri dari : Panduan untuk Tenaga Kesehatan, Panduan untuk Pasien / Orang yang Merawat Pasien, dan Kartu Peringatan Pasien” menurut rilis BPOM (16/7/2020).

“Materi edukasi tersebut merupakan bentuk aktivitas tambahan untuk meminimalisasi risiko teridentifikasi yaitu mikroangiopati trombotik, tromboembolisme, dan intervensi pada uji laboratorium koagulasi.” lanjut BPOM.

Kasus-kasus mikroangiopati trombotik dan tromboembolisme telah dilaporkan dari uji klinik pada pasien yang menerima profilaksis Hemlibra dengan penggunaan dosis tinggi kumulatif dari konsentrat kompleks protrombin teraktivasi (activated prothrombin complex concentrate / aPCC) >100 U/kg/24 jam diadministrasikan selama 24 jam atau lebih. Hemlibra juga diketahui dapat mempengaruhi uji activated partial thromboplastin time (aPTT) dan semua pengujian berbasis aPTT.

“Tenaga profesional kesehatan agar merujuk pada informasi produk sebelum meresepkan, menyiapkan, atau menggunakan Hemlibra dan melaporkan semua kejadian tidak diinginkan yang diduga berhubungan dengan penggunaan Hemlibra ke PT Roche Indonesia atau Pusat Farmakovigilans/MESO Nasional – Badan POM.” tutup BPOM

Berikut adalah materi edukasi Hemlibra (Emicizumab) untuk tenaga kesehatan.

Loader Loading…
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab
Loader Loading…
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab
Loader Loading…
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab
Share this:
Baca :  6 Peringatan Penggunaan Obat Terkini dari FDA yang Wajib Diketahui Apoteker

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi majalah populer. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Kerusakan Ginjal Karena Diabetes Memburuk Seiring Waktu, Peran Apoteker Diperlukan!

Majalah Farmasetika – Apoteker memainkan peran penting dalam pengelolaan komprehensif kondisi kerusakan ginjal karena penyakit …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.