Tes COVID-19 Lewat Air Liur Disetujui FDA, Seefektif Tes Swab Hidung

Majalah Farmasetika – Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) pada hari Sabtu (14/8/2020) mengesahkan penggunaan darurat tes air liur baru dan murah untuk Covid-19 yang dapat sangat memperluas kapasitas pengujian.

Tes baru, yang disebut SalivaDirect dan dikembangkan oleh para peneliti di Yale School of Public Health, memungkinkan sampel air liur dikumpulkan di wadah steril apa pun.

Ini adalah proses yang jauh lebih tidak sakit seperti pada swab/usap hidung yang saat ini digunakan untuk menguji virus yang menyebabkan Covid-19, tetapi sejauh ini memberikan hasil yang sangat sensitif dan serupa.

Tes, yang juga menghindari langkah kunci yang menyebabkan kekurangan reagen kimia yang digunakan dalam tes lain, dapat menjalankan sekitar 90 sampel dalam waktu kurang dari tiga jam di laboratorium, meskipun jumlahnya bisa lebih besar di laboratorium besar dengan otomatisasi.

Selain itu, Yale bermaksud untuk menyediakan protokol pengujian “open source” ke laboratorium di seluruh AS.

Laboratorium lain sekarang dapat mengadopsi metode ini saat menggunakan berbagai komponen pengujian yang tersedia secara komersial yang dapat mengurangi biaya, mempercepat waktu penyelesaian dan meningkatkan frekuensi pengujian, menurut FDA.

Karena reagen untuk tes harganya kurang dari $ 5, para peneliti Yale memperkirakan laboratorium harus mengenakan biaya sekitar $ 10 per sampel, meskipun itu masih harus dilihat. Metode pengujian tersedia segera, tetapi para peneliti menambahkan itu dapat ditingkatkan dengan cepat untuk digunakan dalam beberapa minggu mendatang.

Otorisasi terjadi di tengah kekacauan yang sedang berlangsung atas pengujian Covid-19. A.S. telah diganggu oleh strategi yang tidak konsisten untuk mendeteksi virus, sebagian berkat kekurangan yang terus-menerus dan penggunaan berbagai tes berbeda yang terkadang memberikan hasil yang tidak dapat diandalkan.

Baca :  Uji Terbesar Hidroksiklorokuin Pada Pasien COVID-19 Tak Tunjukan Manfaat Terapi, Resiko Kematian Meningkat

Ketidakmampuan untuk menguji orang Amerika dengan cepat dan efisien, pada gilirannya, mempersulit pejabat pemerintah dan komunitas medis untuk menilai dan memprediksi jalur virus secara akurat. Karena alasan ini, langkah FDA disambut dengan antusias oleh beberapa ahli kesehatan masyarakat, yang mengeluhkan penyebaran Covid-19 yang sedang berlangsung.

“Ini bisa menjadi salah satu pengubah permainan besar pertama dalam memerangi pandemi,” tweet Andy Slavitt, mantan pejabat administrator dari Pusat Layanan Medicare dan Medicaid di pemerintahan Obama, yang mengharapkan kapasitas pengujian akan diperluas secara signifikan.

“Jarang sekali saya seantusias ini … Mereka mengubah pengujian dari setelan yang dipesan lebih dahulu menjadi komoditas berbiaya rendah.” Lanjutnya.

Tes berbasis air liur Yale juga menyimpang dari langkah yang dibutuhkan tes Covid-19 lainnya: mengekstraksi materi genetik virus.

Kit ekstraksi adalah salah satu dari banyak komponen tes diagnostik yang ada yang menghadapi kekurangan. Masalah pasokan telah membatasi kapasitas pengujian secara keseluruhan, serta memperlambat seberapa cepat hasil dapat dikembalikan.

“Pengujian luas sangat penting untuk upaya pengendalian kami,” kata peneliti Yale Nathan Grubaugh dalam sebuah pernyataan.

Grubaugh menambahkan: “Jika alternatif murah seperti SalivaDirect dapat diterapkan di seluruh negeri, kami akhirnya dapat menangani pandemi ini, bahkan sebelum ada vaksin.”

Tim peneliti memvalidasi SalivaDirect sebagian dengan menguji pemain NBA, pelatih, dan staf, dan Yale mengatakan tes tersebut sekarang sedang dipelajari pada orang-orang tanpa gejala melalui program dengan NBA dan tim pemainnya.

Sumber :

FDA clears saliva test for Covid-19, opening door to wider testing https://www.statnews.com/2020/08/15/fda-clears-saliva-test-for-covid-19-opening-door-to-wider-testing/

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

500 Ventilator Canggih Bantuan AS Akan Diedarkan ke RS di Indonesia

Majalah Farmasetika – Pemerintah Indonesia menerima bantuan 500 ventilator tipe LTV 2200 series beserta aksesoris …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.