Benadryl Tik Tok Challenge Telan Korban Jiwa

Majalah Farmasetika – Seorang remaja meninggal setelah mengonsumsi antihistamin Benadryl dalam jumlah besar sebagai bagian dari “tantangan” media sosial di situs video populer TikTok.

Komposisi Benadryl tablet mengandung Diphenhydramine hydrochloride dan Ammonium Chloride.

Tantangan tiktok benadryl telan korban jiwa

Tantangannya melibatkan orang-orang yang meminum obat dosis berlebih untuk berhalusinasi dan kemudian merekam reaksi mereka dan mengunggahnya ke situs media sosial.

Seorang gadis berusia 15 tahun dari Oklahoma meninggal pada tanggal 21 Agustus, meskipun masih belum jelas berapa banyak tablet Benadryl yang telah dia minum.

Pada bulan Mei, tiga remaja dari Texas juga dilarikan ke rumah sakit setelah meminum obat dalam jumlah besar untuk tantangan tersebut. Ketiganya sembuh, tetapi salah satu remaja memiliki detak jantung 199, karena overdosis obat dapat menyebabkan masalah pada jantung.

Dosis halusinasi berpotensi mengancam jiwa

“Dosis yang dapat menyebabkan halusinasi sangat mirip dengan dosis yang dapat menyebabkan sesuatu yang berpotensi mengancam jiwa.” ujar Scott Schaeffer, Direktur Pusat Informasi Racun dan Obat Oklahoma, dikutip dari Oklahoma’s News 4.

“Tren Benadryl TikTok sangat memprihatinkan, berbahaya dan harus segera dihentikan. Seperti halnya obat apa pun, penyalahgunaan atau penyalahgunaan dapat menyebabkan efek samping yang serius dengan konsekuensi yang berpotensi bertahan lama, dan produk Benadryl hanya boleh digunakan seperti yang diarahkan oleh label. Ini adalah rekomendasi kuat kami bahwa semua obat dijauhkan dari jangkauan anak-anak setiap saat.” tulis produsen Johnson & Johnson.

“Kami bekerja dengan TikTok dan mitra kami untuk melakukan apa yang kami bisa untuk menghentikan tren berbahaya ini, termasuk penghapusan konten di seluruh platform sosial yang menunjukkan perilaku ini.” lanjutnya.

Baca :  Karena Asbestos, 33 Ribu Bedak Bayi Johnson & Johnson Ditarik dari Peredaran

Tantangan TikTok khusus ini mengikuti tren berbahaya lainnya di situs. ‘Tantangan pemecah tengkorak’ menampilkan video dua orang menyapu kaki dari bawah lompatan tengah ketiga, ‘tantangan koin’ memperlihatkan orang-orang memasukkan koin ke soket steker, dan ‘tantangan pingsan’ melihat orang membatasi saluran udara mereka sampai mereka pingsan.

Benadryl digunakan untuk mengobati dan meredakan gejala alergi serbuk bunga atau alergi pernafasan yang meliputi iritasi mata, bersin dan gatal. Label peringatan menyarankan pengguna untuk tidak meminum lebih dari enam dosis dalam 24 jam, dan harus diminum setidaknya dengan selang waktu empat jam.

Sumber : J&J issues warning after teen dies from Benadryl TikTok challenge http://www.pharmafile.com/news/558023/jj-issues-warning-after-teen-dies-benadryl-tiktok-challenge

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

BPOM : Industri Farmasi Harus Lakukan Studi Keamanan Pasca Pemasaran Darurat Obat/Vaksin COVID-19

Majalah Farmasetika – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebagai regulator obat dan vaksin di …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.