WHO Puji Keberhasilan Thailand Tangani Pandemi COVID-19

Majalah Farmasetika – World Health Organization (WHO) memuji keberhasilan Thailand dalam menangani pandemi COVID-19. Hingga 21 September 2020, total kasus positif COVID-19 sejumlah 3506 kasus dengan 59 kematian.

“Thailand adalah contoh yang baik dalam perang melawan COVID19. Seluruh masyarakat dan respon pemerintah, pengujian ekstensif, pelacakan kontak, keterlibatan komunitas, dan mobilisasi komunitas tenaga kesehatan secara nasional.” tulis Direktur WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, melalui akun twitternya (20/9/2020).

Status Tedros tersebut sambil membagikan video singkat berdurasi 4.24 menit terkait sharing pengalaman keberhasilan Thailand dalam menangani COVID-19.

Dalam videonya dijelaskan bahwa Thailand telah belajar dari wabah-wabah sebelumnya dan berbenah untuk berinvestasi selama 40 tahun dalam membangun infrastruktur kesehatan.

“Belajar dari wabah SARS pada tahun 2003 salah satunya membuat Thailand siap untuk pandemi yang lebih besar. Kami mulai program peningkatan kapasitas sistem regulasi kesehatan WHO pada tahun 2006, dan juga meningkatkan manajemen emergensi” ujar Tanarak Plipat, Direktur Deputi Pengendalian Penyakit Umum Thailand.

Kasus COVID-19 di Thailand mulai meningkat di awal Maret, yang kemudian menurun secara gradual pada bulan April- Mei. Pemerintah Thailand secara responsif menerapkan sistem untuk menginformasikan dan memobilisasi masyarakat untuk mencegah, mendeteksi, mengobati, dan menelusuri jejak kasus.

Selain itu, para ahli epidemioligi, ahli laboratorium, dokter, dan perawat bekerja tanpa lelah untuk mendeteksi virus dan melayani pasien.

Negara yang berpenduduk 79 juta jiwa ini memiliki tenaga relawan kesehatan di pedesaan sebanyak 1 juta orang yang merupakan bagian dari unit kontrol penyakit pemerintah Thailand dan bekerja untuk menghentikan penyebaran virus di dalam komunitasnya.

Selengkapnya :

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Baca :  Pemerintah Umumkan Biaya Tes Swab Mandiri COVID-19 Maksimal 900 Ribu Rupiah

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Ketibaan vaksin AstraZeneca di Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (08/03/2021) sore. (Foto: Biro Pers Setpres/Rusman)

Kadaluarsa 31 Mei, Kemenkes Imbau Segera Gunakan Vaksin AstraZeneca

Majalah Farmasetika – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menerbitkan Surat Edaran …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.