Obat Herbal Cina Lianhua Qingwen Banyak Diburu Pasien COVID-19, Hati-hati Palsu!

Majalah Farmasetika – Lianhua Qingwen Capsules telah terdaftar sejak 13 Juni 2019 di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI sebagai obat tradisional impor dari Cina (TI144348471) yang diproduksi oleh SHIJIAZHUANG YILING PHARMACEUTICAL CO LTD dengan importir PT Intra Aries. Banyak pemberitaan dan hasil uji klinik sementara yang efektif meredakan gejala COVID-19, membuat produk ini laku dan sayangnya banyak dipalsukan.

Tercantum di label berkhasiat untuk membantu meredakan panas dalam yang disertai tenggorokan kering dan meredakan batuk. Dikenal juga efektif untuk meredakan gejala influenza dan meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas tubuh.

Sesuai hasil uji klinik terbatas pada 284 pasien COVID-19 menunjukkan bahwa obat ini efektif dalam mengurangi gejala dan aman untuk digunakan. Penelitian ini telah diterbitkan di jurnal phytomedicine pada Mei 2020, yang diperkuat oleh jurnal lainnya dari PlOS One, 11 September 2020 yang meneliti secara retrospektif kepada 154 pasien COVID-19.

Komposisi obat herbal ini memiliki komponen kunci seperti Lonicera japonica dan Forsythia suspense yang dapat memblokir pengikatan SARS-CoV-2 dengan enzim pengubah angiotensin.

Cablin Pogostemon telah terbukti dapat memperbaiki diare dan meningkatkan pertahanan tubuh pada saluran pencernaan. Rhodiola rosea dapat memperbaiki cedera paru-paru melalui penekanan stres oksidatif dan apoptosis dan penghentian peradangan paru.

Selain itu, Rheum palmatum dapat secara efektif melawan pengikatan protein lonjakan dan enzim pengubah angiotensin dan menekan pelepasan mediator inflamasi yang berlebihan, sehingga memperbaiki cedera paru-paru. Pengamatan ini telah memberikan bukti mengenai efek antivirus dari kapsul LH.

Beberapa pemberitaan yang menyarankan obat herbal ini seperti Kapolda Jatim Inspektur Jenderal M Fadil Imran membagikan obat herbal asal China kepada masyarakat yang terkonfirmasi positif bulan Juli silam membuat ramai di toko online.

Baca :  Obat Herbal Tiongkok Lianhua Efektif Kurangi Gejala Pasien COVID-19

Banyak sumber meragukan membuat BPOM RI pada 1 Juli 2020 sempat mengeluarkan seruan obat palsu untuk obat Lianhua ini

Berikut beberapa gambar bagaimana cara memilih mana yang asli terdaftar di BPOM dan yang tidak terdaftar dari obat herbal impor ini yang beredar di linimasa media sosial.

(Red./NW)

Sumber :

Obat Herbal Tiongkok Lianhua Efektif Kurangi Gejala Pasien COVID-19 https://farmasetika.com/2020/09/27/obat-herbal-tiongkok-lianhua-efektif-kurangi-gejala-pasien-covid-19/

Lindungi Masyarakat dari Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik yang Berisiko terhadap Kesehatan, Badan POM Kembali Terbitkan Public Warning https://www.pom.go.id/new/view/more/pers/551/Lindungi-Masyarakat-dari-Obat-Tradisional–Suplemen-Kesehatan–dan-Kosmetik-yang-Berisiko-terhadap-Kesehatan–Badan-POM-Kembali-Terbitkan-Public-Warning.html

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Tapatalk, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Paranormal Sebagai Layanan Medis Tak Kena Pajak Muncul Sejak UU PPN 2009, Layanan Farmasi?

Majalah Farmasetika – Terjawab sudah asal usul dukun bayi dan paranormal dikategorikan layanan kesehatan medis …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.