BPOM Kenalkan Keamanan Pangan Lewat TikTok Challenge Cek KLIK

Majalah Farmasetika – Tak dapat dipungkiri, saat ini Tik Tok merupakan salah satu media sosial yang sangat digemari kawula muda. Informasi yang disampaikan melalui video Tik Tok akan mendapat perhatian dari generasi milenial.

Berdasarkan rilis Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dengan adanya video Tik Tok Cek KLIK ini diharapkan dapat efektif mengajak kaum muda untuk melakukan cek KLIK produk sebelum mengkonsumsi makanan dan minuman.

Pentingnya memastikan kemasan dalam kondisi baik, tidak berlubang, sobek, karatan, penyok dan lain lain, pentingnya membaca dengan cermat  informasi yang tertera pada labelnya,  pentingnya memastikan produk memiliki izin edar dan memastikan bahwa produk belum kedaluwarsa.

Pesan Kepala BPOM kepada generasi milenial

Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito menyampaikan bahwa generasi muda penerus bangsa dapat menjadi Pahlawan Pangan atau Food Heroes dengan memilih pangan yang aman, bermutu, dan bergizi.

“Generasi muda juga dapat mendorong orang tua dan kerabat untuk membeli produk pangan lokal dan menjadi Duta Keamanan Pangan yang menyebarkan informasi tentang Keamanan Pangan,” ungkap Kepala Badan POM dalam kegiatan Gebyar Milenial Keamanan Pangan yang diikuti oleh perwakilan siswa SMA/SMK/Madrasah Aliyah dan mahasiswa dari 34 provinsi di seluruh Indonesia (27/10/2020). 

Konsumsi pangan yang aman, bermutu, dan bergizi akan berdampak pada pembentukan generasi muda yang sehat, aktif, dan kreatif, serta turut beraksi untuk investasi masa depan.

“Badan POM tak henti mengajak generasi muda untuk menjadi konsumen yang cerdas dan kritis. Jangan mudah termakan isu atau hoaks di media sosial,” pesan Kepala Badan POM.

Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika tahun 2018-2019, hoaks terkait isu kesehatan, termasuk isu obat dan makanan berada pada peringkat ketiga, yaitu sebanyak 401 konten hoaks atau 10,28% setelah isu politik sebanyak 973 konten hoaks atau 24,94, dan isu pemerintahan sebanyak 743 konten hoaks atau 19,05%.

Baca :  Penyuntikan Pertama Vaksin COVID-19 Sinovac Tuntas, BPOM Siapkan Izin Edar Darurat

“Generasi muda sebagai kaum intelektual harus “melek informasi” dan aktif melakukan “cek dan ricek” terlebih dahulu sebelum menyebarkan informasi yang belum diketahui kebenarannya,” imbau Kepala Badan POM.

Kepala Badan POM juga mengingatkan agar bijak berbelanja secara online. Selama bulan Januari – September 2020 Badan POM telah mengusulkan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika dan e-Commerce untuk melakukan take down 12.427 link situs atau platform terkait pangan olahan yang melanggar ketentuan, termasuk menjual pangan olahan ilegal/Tanpa Izin Edar (TIE) dan tidak memenuhi persyaratan (label yang over claimed).

Video juara TikTok Challenge Cek KLIK

Lomba Tik Tok Chalenge Cek (Kemasan, Label, Izin Edar, Kedaluwarsa (KLIK) yang diikuti oleh para peserta webinar.  Dipilih 5 (lima) peserta terbaik untuk mengikuti babak final, penentuan juara melalui system vote mentimeter oleh seluruh peserta yang hadir daring dan luring.

Juara pertama diraih oleh Akun Tik Tok Salma, disusul juara kedua diraih oleh Akun Tik Tok Rhizachmad14 dan juara ketiga diaraih oleh Akun Tik Tok Emmanovriskasari19. Dua pemenang tersebut adalah peserta dari perwakilan DIY yaitu,  siswa SMAN 1 Kalasan Salma Nur Azizah dan mahasiswa Emma NovriskaSari.

Berikut adalah video pemenangnya

Sumber :

2 PESERTA DARI DIY MERAIH JUARA LOMBA TIK TOK CHALENGE CEK KLIK GENMIL2 BADAN POM http://bbpom-yogya.pom.go.id/berita617/2-peserta-dari-diy-meraih-juara-lomba-tik-tok-chalenge-cek-klik-genmil2-badan-pom.html

Generasi Milenial Sadar Pangan Aman “Aksi Kita adalah Masa Depan Kita” https://www.pom.go.id/new/view/more/pers/568/Generasi-Milenial-Sadar-Pangan-Aman—-Aksi-Kita-adalah-Masa-Depan-Kita—.html

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Ketibaan vaksin AstraZeneca di Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (08/03/2021) sore. (Foto: Biro Pers Setpres/Rusman)

Kadaluarsa 31 Mei, Kemenkes Imbau Segera Gunakan Vaksin AstraZeneca

Majalah Farmasetika – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menerbitkan Surat Edaran …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.