1,2 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Sinovac Tiba di Jakarta

Majalah Farmasetika – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kabar baik bahwa 1,2 juta dosis vaksin COVID-19 dari perusahaan Sinovac, China, telah tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakaŕta (6/12/2020).

“Vaksin ini buatan Sinovac yang kita uji secara klinis di Bandung sejak Agustus 2020 yang lalu. Kita juga masih mengupayakan 1,8 juta dosis vaksin yang akan tiba di awal Januari 2021.” Kata Presiden Jokowi dikutip dari setkab.go.id.

Presiden menjelaskan bahwa selain vaksin dalam bentuk jadi, dalam bulan ini juga akan tiba 15 juta dosis vaksin, dan di bulan Januari sebanyak 30 juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku curah, yang akan diproses lebih lanjut oleh Bio Farma.

“Kita amat bersyukur, alhamdulillah vaksin sudah tersedia, artinya kita bisa segera mencegah meluasnya wabah COVID-19. Tapi, untuk memulai vaksinasi masih memerlukan tahapan-tahapan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).” Lanjutnya.

Jokowi menegaskan ada 4 hal yang harus diperhatikan.

Pertama, seluruh prosedur harus dilalui dengan baik, dalam rangka menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat serta efektivitas vaksin. Pertimbangan ilmiah, hasil uji klinis, ini akan menentukan kapan vaksinasi bisa dimulai.

Kedua, sistem distribusi vaksin ke daerah, ini adalah hal yang sangat penting. Dan juga peralatan pendukung, SDM, serta tata kelola vaksinasi. Kita tahu telah disiapkan sejak beberapa bulan yang lalu lewat simulasi-simulasi di beberapa provinsi, dan saya yakin setelah diputuskan vaksinasi dimulai, semua sudah dalam keadaan siap.

Yang ketiga, karena tidak memungkinkan dilakukan vaksinasi secara serempak untuk semua penduduk, saya harap semua pihak untuk mengikuti pengumuman dan petunjuk-petunjuk dari petugas yang saat ini sudah menyiapkan vaksinasi.

“Terakhir, meski vaksin sudah ada, kita tetap harus disiplin menjalankan protokol kesehatan, tetap disiplin 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan) selalu harus terus kita lakukan.” Tutupnya.

Baca :  Vaksin COVID-19 Pfizer Terbukti 94% Efektif pada 600 Ribu Orang

Sumber : Kedatangan Vaksin COVID-19, 6 Desember 2020, di Bandar Udara Soekarno Hatta https://setkab.go.id/kedatangan-vaksin-covid-19-6-desember-2020-di-bandar-udara-soekarno-hatta/

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

BPOM Terbitkan Izin Darurat Vaksin COVID-19 Janssen dan Convidecia Berbasis Adenovirus

Majalah Farmasetika – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menambah pilihan vaksin COVID-19 untuk masyarakat …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.