Project Milenial featuring news blogs and tutorials Adjustable Beds – Not Just For The Elderly! How A Dermatologist Can Help With Acne Problems Aromatherapy And Kids Amazingly Simple Skin Care Tips For People With Acne

Kemenkes Luncurkan Lab Bergerak dengan Aplikasi Pendampingan Isolasi Mandiri oleh Apoteker

Majalah Farmasetika – Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI meluncurkan laboratorium bergerak (mobile lab) surveilens Bio Safety Level 2 (BSL 2) sebagai salah satu upaya penanganan COVID-19 di tanah air.

Lab BSL 2 karya anak bangsa ini merupakan hasil kerjasama triple helix (pemerintah, dunia usaha, dan akademisi) yang terdiri dari Kemenkes, PT Rajawali Global Investama, dan Universitas Padjadjaran (Unpad).

Salah satu kelebihan mobile lab ini memiliki aplikasi Indonesia Trace, Test, Isolation (InaTTI) yang dikelola oleh Medical Therapy Adherance Clinic (MTAC) Farmasi Unpad.

Dilengkapi Aplikasi InaTTI dikelola Apoteker

Kerja sama sinergis triple helix ini telah berhasil merancang bangun laboratorium bergerak hasil karya anak negeri yang siap mendukung konsep pengendalian pandemi Covid-19 di Indonesia melalui pelacakan kontak erat sampai ke pelosok-pelosok.

“Serta pendampingan isolasi mandiri oleh tenaga Kesehatan secara on-line melalui aplikasi Indonesia Test Trace and Isolation (InaTTI)” tutur Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan dalam keterangan pers yang dikutip dari SINDOnews, Kamis (17/12/2020).

Dikutip dari situs inatti.id, InaTTI adalah aplikasi yang mempermudah melakukan test laboratorium, pelacakan kontak secara menyeluruh, dan pendampingan Apoteker untuk kepatuhan isolasi mandiri berkolaborasi dengan Medical Therapy Adherence Clinic (MTAC).

MTAC pertama kali dikenalkan pada tahun 2004 yang merupakan bagian dari Ambulatory Clinic System. Sistem ini menekankan pada manajemen pengobatan untuk memperbaiki kualitas hidup, keamanan, dan keefektifan biaya pengobatan bagi pasien. MTAC adalah suatu pelayanan kefarmasian yang dilakukan oleh seorang apoteker untuk memberikan monitoring terapi obat dan edukasi kepada pasien.

MTAC bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan pasien terhadap pengobatan yang diberikan, meningkatkan keberhasilan pengendalian keadaan suatu penyakit, mengurangi gejala penyakit, dan mengurangi kejadian medication errors.

Baca :  Ivermectin Belum di Uji Klinis Terapi COVID-19, BPOM Ingatkan Efek Samping dan Sanksi

Keunggulan Laboratorium Bergerak Kemenkes

Laboratorium bergerak BSL 2 ini telah tersertifikasi World Bio Haz Tec.

Kendaraan itu memenuhi kriteria KKB Litbangkes tentang Standar Laboratorium Bergerak Biosafety tingkat 2 untuk pemeriksaan Corona Virus Desease-2019 (Covid-19) yang dipergunakan oleh Kementerian Kesehatan

“RGI bersama periset Universitas Padjadjaran telah mempersembahkan hasil karya anak negeri yang siap mendukung konsep pengendalian pandemik Covid-19 di Indonesia melalui pelacakan kontak erat sampai ke pelosok-pelosok, serta pendampingan isolasi mandiri oleh tenaga kesehatan secara on-line melalui aplikasi Indonesia Test Trace & Isolation (InaTTI)” ujar Diana Sari, S.E., M.Mgt., PhD, Direktur Inovasi dan Korporasi Unpad,

“Ini adalah hasil karya anak bangsa yang harus kita dukung bersama,” tuturnya.

Ketua Tim Inovasi, Prof. Dr. Apt. Keri Lestari, M.Si mengatakan mobile lab ini merupakan salah satu alat pendukung strategis untuk melakukan test, trace (pelacakan kontak) dan isolasi.

“Mobil ini dilengkapi dengan aplikasi InaTTI (Indonesia Test Trace & Isolation) yang memperkuat pengendalian pandemik melalui metoda Test Trace & Isolation secara on-line berbasis aplikasi web based,” sambungnya.

Dia mengatakan konsep ini menjawab kebutuhan masyarakat untuk fasilitas test swab dan pendampingan isolasi mandiri.

“Masyarakat ada kalanya enggan datang langsung ke rumah sakit untuk melakukan test swab jika ada warga yang teridentifikasi covid-19 (dinyatakan positif –red) dan tanpa komorbid serta tanpa gejala dapat melakukan isolasi mandiri dengan tata cara isolasi yang didampingi nakes secara virtual melalui aplikasi tersebut. Hal ini diharapkan menjadi solusi dari masalah keterbatasan faskes untuk isolasi pasien Covid-19 saat ini,” tegas Dirut Insititut Pembangunan Jawa Barat-UNPAD yang juga Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Apoteker Indonesia tersebut.

Untuk tahap pertama akan disiapkan sebanyak 10 unit mobil untuk 10 provinsi, selanjutnya dikembangkan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan penanganan pandemi di lapangan.

Baca :  BUMN Farmasi Berhasil Produksi Sendiri Beberapa Obat COVID-19 dan Alkes

“Dalam waktu dekat ini, juga sudah ada negara tetangga di Asia yang telah melirik untuk mengajukan pemesanan, kami sudah siap melakukan ekspor produk anak bangsa” ujar Recky Langie, Dirut PT. Rajawali Global Investama,” tambahnya.

“Ke depan, mobil Lab BSL-2 ini juga bisa digunakan sekaligus untuk mobile vaksin covid-19 yang siap mengakses seluruh wilayah Indonesia sampai ke pelosok negeri,” tutupnya

Sumber :

Ada Inovasi Mobil Lab COVID-19 dari RGI, Ini Keunggulannya. https://m.jpnn.com/news/ini-keunggulan-mobil-laboratorium-bergerak-bio-safety-level-2-untuk-penanganan-covid-19

Indonesia Test Trace Isolatioan https://www.inatti.id/

Unpad Kembangkan Laboratorium Bergerak Pelacak Covid-19 https://republika.co.id/berita/qlhefk480/unpad-kembangkan-laboratorium-bergerak-pelacak-covid19

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Varian COVID-19 Baru dari Afrika Selatan Penyebab Lonjakan Besar Infeksi di Eropa

Majalah Farmasetika – Varian baru virus corona yang ditemukan di Afrika Selatan dikhawatirkan lebih mudah …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.