Project Milenial featuring news blogs and tutorials Adjustable Beds – Not Just For The Elderly! How A Dermatologist Can Help With Acne Problems Aromatherapy And Kids Amazingly Simple Skin Care Tips For People With Acne
(Nuno-Gonzalez et al., British Journal of Dermatology, 2020)
(Nuno-Gonzalez et al., British Journal of Dermatology, 2020)

Gejala ‘Sariawan COVID di Lidah’ Bisa Jadi Tanda Infeksi Virus Corona

Majalah Farmasetika – Lidah yang bengkak atau tidak rata seperti sariawan mungkin merupakan tanda infeksi virus corona, menurut penelitian baru.

Para peneliti menemukan bahwa satu dari empat pasien virus korona memperhatikan perubahan pada lidah mereka, termasuk pembengkakan, luka, benjolan di permukaan lidah, lekukan, dan / atau bercak yang berubah warna. Sebagian kecil pasien juga melaporkan sensasi terbakar di mulut mereka.

Berdasarkan uji klinik 666 pasien COVID-19

Penemuan ini berdasarkan pengamatan dari 666 pasien COVID-19 dan pneumonia ringan atau sedang di sebuah rumah sakit lapangan di Spanyol.

Gejala-gejala tersebut sering dikombinasikan dengan pasien yang kehilangan indera perasa, yang telah muncul sebagai tanda virus yang semakin umum.

Belum jelas apakah gejala ini bisa meluas. Karena pasien yang termasuk dalam penelitian ini memiliki kasus infeksi sedang, para peneliti tidak yakin apakah gejala ini, yang dijuluki “lidah COVID,” mungkin juga memengaruhi orang dengan virus korona parah, atau mereka dengan kasus yang lebih ringan.

Meski infeksi virus diketahui menyebabkan gejala di mulut dan lidah, belum banyak data tentang fenomena ini pada pasien COVID-19. Itu mungkin sebagian karena para ahli medis menghindari menghabiskan terlalu banyak waktu di mulut pasien karena masalah keamanan tentang virus yang sangat menular.

Penemuan baru ini dipresentasikan pada 26 Januari, tetapi pertama kali dipublikasikan pada September di British Journal of Dermatology.

Ruam kulit juga terkait dengan COVID-19, tetapi ada banyak hal yang tidak kita ketahui

Studi ini juga menemukan bahwa sekitar 40 persen pasien mengalami masalah kulit di telapak tangan atau telapak kaki mereka. Ini termasuk sensasi terbakar, kemerahan, kulit mengelupas, dan benjolan kecil.

Baca :  Daftar Obat untuk Terapi COVID-19 Presiden Trump dan Potensi Efek Sampingnya

Sekitar satu dari sepuluh pasien juga mengalami ruam

Penelitian sebelumnya juga menemukan infeksi virus corona dapat memengaruhi tangan, kaki, dan kulit. Pada Mei, ahli kulit melaporkan pasien dengan jari kaki merah, bengkak, dan ruam yang terkait dengan COVID-19. Dan “long haulers” atau orang dengan gejala yang berkepanjangan, juga telah melaporkan kondisi kulit, yang mungkin merupakan tanda peradangan yang disebabkan oleh virus.

Penelitian ini bercampur tentang seberapa umum virus corona menyebabkan ruam dan gejala dermatologis lainnya.

Studi terbaru ini menemukan lebih banyak contoh gejala yang berhubungan dengan kulit daripada banyak penelitian sebelumnya, jadi mungkin ada faktor lain yang terlibat.

Para ilmuwan juga tidak sepenuhnya memahami kapan jenis gejala ini cenderung muncul, jadi pada saat ini, jadi sulit untuk mengetahui apakah mereka dapat membantu memprediksi kasus yang lebih parah atau kasus jangka panjang COVID-19.

Sumber :

‘COVID Tongue’ Could Be One of The Signs of Infection, Doctors Warn https://www.sciencealert.com/covid-tongue-could-be-one-of-the-signs-of-infection-doctors-warn/

Prevalence of mucocutaneous manifestations in 666 patients with COVID‐19 in a field hospital in Spain: oral and palmoplantar findings https://doi.org/10.1111/bjd.19564

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

WHO : Omicron Belum Jelas Sebabkan COVID-19 yang Lebih Parah

Majalah Farmasetika – WHO telah mengumumkan bahwa masih belum jelas apakah varian virus corona yang …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.