Apoteker di Rumah Sakit Harus Berinovasi Dorong Pemulihan Finansial

Majalah Farmasetika – Rantai pasokan sediaan farmasi dan alat kesehatan di Rumah Sakit akan memainkan peran yang lebih penting karena pandemi terus mengancam kelangsungan keuangan rumah sakit dan sistem kesehatan. Terlebih Rumah Sakit selalu menjadi pusat perawatan kesehatan.

Berikut adalah ulasan apa yang harus dilakukan oleh Apoteker di Rumah Sakit berdasarkan pengalaman di Amerika Serikat.

Pandemi di Amerika Serikat

Kondisi pandemi di Amerika Serikat ketika melewati tahun 2021, rumah sakit dan sistem kesehatan tetap berada di garis depan pandemi COVID-19.

Di masa mendatang, rumah sakit tidak hanya akan mengambil peran besar dalam memvaksinasi masyarakat tetapi juga harus terus dapat merawat pasien COVID-19 dan non-COVID-19, dengan fleksibilitas untuk mengelola dan beradaptasi dengan lonjakan virus di masa depan.

Bersamaan dengan itu, rumah sakit harus mengembangkan strategi yang mengurangi biaya sambil terus memberikan perawatan berkualitas untuk memenuhi kebutuhan pasien dan penyedia layanan kesehatan yang mendesak.

Meskipun mengharapkan pemulihan ketika pertarungan masih berkecamuk merupakan tantangan, para pemimpin farmasi dapat berkontribusi untuk pemulihan rumah sakit dengan berfokus pada hal-hal berikut: memprioritaskan efisiensi operasional yang lebih ketat; mempersiapkan pemulihan keuangan; dan memperluas perawatan pasien untuk menangkap peluang pendapatan baru dan meningkatkan biaya dan kualitas perawatan di seluruh sistem kesehatan.

Kencangkan Efisiensi

COVID-19 telah menyebabkan tekanan finansial yang signifikan pada industri perawatan kesehatan. American Hospital Association (AHA) memperkirakan dampak finansial lebih dari $ 323,1 miliar dalam kerugian rumah sakit dan sistem kesehatan Amerika pada tahun 2020.

Pengembalian dari kerugian tersebut akan membutuhkan rumah sakit untuk bekerja sama dengan mitra bisnis mereka, termasuk distributor farmasi, untuk menghilangkan inefisiensi eksternal dalam rantai pasokan dan merampingkan operasi internal.

Rantai pasokan farmasi, meskipun selalu menjadi pusat perawatan kesehatan, akan memainkan peran yang lebih penting karena pandemi terus mengancam kelangsungan keuangan rumah sakit dan sistem kesehatan, besar dan kecil. Distributor harus memberi nilai tambah pada operasi apotek rumah sakit, yang dapat dievaluasi dalam hitungan menit dan dolar yang dihemat, akses ke produk bila diperlukan, dan mengelola efektivitas logistiknya sendiri.

Dengan memanfaatkan teknologi dan proses konsultasi, rumah sakit dapat mengurangi kompleksitas dan biaya melalui solusi seperti manajemen inventaris tepat waktu, pelacakan akurat penggunaan dan harga obat, dan platform pemesanan online untuk menempatkan dan melacak pesanan. Dengan platform dan proses yang solid, rumah sakit dapat mulai:

  • Capai visibilitas yang lebih baik ke dalam rantai pasokan, yang didukung oleh analitik untuk memengaruhi keputusan yang secara langsung memengaruhi kontinum perawatan.
  • Sederhanakan manajemen inventaris untuk membandingkan item dengan pesanan pembelian dengan mudah, memantau tanggal kedaluwarsa, memicu pemesanan ulang, dan mengurangi pemborosan terkait kontrol inventaris yang buruk.
  • Mengakomodasi tren yang berkembang menuju model penggantian berbasis nilai, yang menekankan faktor-faktor seperti meminimalkan pendaftaran ulang dan berfokus pada perawatan pencegahan.
  • Kelola hubungan pemasok dan penawaran produk secara lebih efektif melalui analitik canggih yang mereferensikan silang harga, persyaratan, dan lainnya.
Baca :  Ilmuwan Ungkap Virus COVID-19 Bermutasi Jadi Tiga Jenis Tersebar Ke Seluruh Dunia

Pemulihan finansial

Meskipun proyeksi kerugian AHA ke rumah sakit dan sistem kesehatan pada tahun 2020 sangat mengejutkan, dampak ekonomi dari pandemi tidak terbatas pada biaya yang terkait dengan perawatan pasien COVID-19. Ketegangan finansial juga melibatkan pengurangan dramatis volume pasien non-COVID-19 dan potensi signifikan untuk perawatan tanpa kompensasi karena pengangguran meningkatkan jumlah pasien tanpa asuransi yang diberikan pemberi kerja.

Rumah sakit dan sistem kesehatan telah melaporkan penurunan rata-rata 19,5% dalam volume rawat inap dan 34,5% dalam volume rawat jalan selama pandemi.

Pada saat yang sama, pengangguran terkait COVID-19 telah mengakibatkan hilangnya asuransi kesehatan secara luas, dengan satu penelitian menunjukkan bahwa ada bisa menjadi peningkatan lebih dari 15 juta orang Amerika yang tidak diasuransikan.

Seiring dengan bertambahnya jumlah orang yang tidak diasuransikan dan kurang diasuransikan dan banyak yang terpaksa mencari perawatan di rumah sakit, rumah sakit akan mengeluarkan biaya perawatan tanpa kompensasi yang lebih tinggi untuk merawat orang-orang ini.

Rumah sakit harus menggunakan semua program bantuan keuangan dan pengobatan yang tersedia untuk mendukung pasien yang membutuhkan bantuan serta mempersiapkan kesehatan dan pemulihan keuangan mereka sendiri. Program bantuan pasien (PAP) dan program pemulihan adalah metode penting yang dapat digunakan apotek untuk tidak hanya menghasilkan, tetapi juga mengamankan pendapatan.

Layanan pemulihan pendapatan McKesson dapat membantu dengan mengidentifikasi pendapatan tersembunyi dan mengembangkan rencana tindakan yang disesuaikan untuk meningkatkan pengumpulan uang tunai. Ini termasuk menganalisis penggantian obat oleh pembayar dan mengidentifikasi kesenjangan dalam pembayaran, meninjau klaim pembayar, dan memberikan temuan yang divalidasi untuk membantu dalam pemrosesan ulang klaim dan pengumpulan penggantian.

Perluas Perawatan Pasien
Karena pimpinan rumah sakit berupaya meminimalkan dampak finansial, mereka harus berinovasi agar tetap kompetitif.

Baca :  Badan POM Tingkatkan Kapasitas Lab Uji COVID-19 Hingga 300 Sample/Hari

Misalnya, apotek khusus telah menjadi tren teratas selama beberapa tahun terakhir karena penggunaan dan pengeluaran obat telah meningkat secara dramatis, mendorong sistem kesehatan untuk mendirikan apotek khusus mereka sendiri atau memperluas kemampuan yang ada.

Meskipun hal ini membawa dampak positif pada kualitas sistem kesehatan dan keberlanjutan prakarsa perawatan, administrasi obat-obatan khusus merupakan tantangan dan sangat kompleks mengingat jumlah terapi baru dan persyaratan pembayar.

Analisis lanjutan dapat membantu apotek sistem kesehatan mengeksplorasi layanan klinis baru serta memperluas operasi yang ada ke onkologi rawat jalan serta klinik khusus, klinik dokter, perawatan jangka panjang, dan pengaturan ritel. Ini memberikan sistem kesehatan kesempatan untuk menghasilkan pendapatan baru dan menawarkan solusi ujung ke ujung untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Mendorong Pemulihan Melalui Inovasi
Tahun 2020 tidak seperti yang lain, menghadirkan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk memenuhi permintaan yang mengejutkan untuk perawatan pasien dan dampak keuangan pada rumah sakit dan sistem kesehatan. Pemimpin apotek tidak bisa melupakan pelajaran yang didapat dari pandemi.

Pada tahap awal terlihat jelas bahwa model distribusi dan perawatan farmasi seperti biasa tidak efektif. Rumah sakit dan distributor harus mengambil langkah proaktif untuk menemukan cara inovatif dalam menghadapi tantangan ini.

Jenis inovasi tersebut harus terus menstabilkan rantai pasokan untuk mendorong pemulihan finansial dan memastikan perawatan pasien yang berkualitas.

Sumber

Hospitals and Health Systems Continue to Face Unprecedented Financial Challenges due to COVID-19, American Hospital Association, June 2020

Hospital Pharmacies Must Innovate to Drive Financial Recovery https://www.pharmacytimes.com/view/hospital-pharmacies-must-innovate-to-drive-financial-recovery

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

orbis

Begini Fasilitas Pesawat Edukasi dan Rumah Sakit Mata Orbis Generasi Terbaru

Majalah Farmasetika (V1N8-Oktober 2016). Pesawat khusus Rumah Sakit pendidikan mata New Orbis Flying Eye Hospital yang dirancang untuk membawa …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.