Tema Hari Apoteker Sedunia 2021 “Apotek: Selalu Terpercaya Bagi Kesehatan Anda”

Majalah Farmasetika – Federasi Farmasi Internasional (FIP) telah mengumumkan tema hari apoteker sedunia 2021 pada akhir Maret lalu yakni “Pharmacy: Always trusted for your health” atau “Apotek: Selalu terpercaya bagi kesehatan Anda”. Puncak hari apoteker sedunia tahun ini akan diselenggarakan pada pada 25 September 2021.

FIP mengatakan bahwa barometer kepercayaan telah menemukan bahwa ketidakpercayaan terhadap para pemimpin telah meningkat dan ketidakpercayaan mencapai rekor tertinggi, diuji oleh sumber pandemi COVID-19 dan infodemik di sekitarnya.

Kepercayaan adalah bagian sentral dari semua hubungan manusia dan elemen fundamental dari modal sosial. 

Kepercayaan juga penting untuk perawatan kesehatan: ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan pada profesional perawatan kesehatan dan hasil kesehatan untuk pasien.

Di berbagai pengaturan klinis, pasien melaporkan kepuasan yang lebih besar dengan pengobatan, menunjukkan perilaku kesehatan yang lebih bermanfaat dan gejala yang lebih sedikit, dan mengalami peningkatan kualitas  kehidupan ketika mereka memiliki kepercayaan yang lebih tinggi dalam profesional kesehatan mereka.

Pada saat ketidakpastian dan ketika keragu-raguan COVID-19, vaksin menjadi rintangan utama, kepercayaan publik pada farmasi lebih penting dari sebelumnya, kata organisasi itu.

Selama bertahun-tahun, apoteker secara konsisten disebut di antara lima profesional paling tepercaya dalam survei nasional.

Pendidik juga konsisten berada di lima besar dan, menurut survei baru-baru ini, para ilmuwan adalah orang yang paling dipercaya di dunia.

“Apoteker, pendidik, dan ilmuwan — itulah profesi farmasi kami,” kata presiden FIP Dominique Jordan.

Kampanye Hari Apoteker Sedunia tahun ini merupakan kesempatan bagi apotek untuk menunjukkan apresiasi atas kepercayaan yang diberikan pada profesi dan peningkatan kesadaran akan kepercayaan ini dan peran apoteker penting dalam meningkatkan kesehatan, kata FIP.

Baca :  Topik Hari Apoteker Sedunia 2019 : Obat-obatan Aman dan Efektif untuk Semua

“Bukti menunjukkan hubungan yang signifikan antara kepercayaan pada profesional kesehatan dan hasil kesehatan untuk pasien.” Lanjutnya.

Jordan menambahkan bahwa Apotek telah membangun cadangan kepercayaan selama bertahun-tahun dalam kepedulian, hubungan positif, keahlian, dan terbaik, semuanya disampaikan dengan konsistensi.

“Kepercayaan ini dapat kita manfaatkan dengan baik dalam melawan para anti-vaxxers serta terus meningkatkan kesehatan masyarakat kita secara umum.” Tegasnya.

“Saya mengundang semua rekan saya di seluruh dunia untuk bergabung dalam kampanye tahun ini dan menyebarkan pesan-pesan penting ini,” kata Jordan.

Sumber

https://www.fip.org/world-pharmacists-day “Pharmacy: Always trusted for your health” is the theme of this year’s World Pharmacists Day on 25 September 2021.

Share this:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About farmasetika.com

farmasetika.com
Farmasetika.com (ISSN : 2528-0031) merupakan situs yang berisi informasi farmasi terkini berbasis ilmiah dan praktis dalam bentuk Majalah Farmasetika. Di situs ini merupakan edisi reguler. Sign Up untuk bergabung di komunitas farmasetika.com. Download aplikasi Android Majalah Farmasetika, Caping, atau Baca di smartphone, Ikuti twitter, instagram dan facebook kami. Terimakasih telah ikut bersama memajukan bidang farmasi di Indonesia.

Check Also

Vaksin COVID-19 Nasal Berukuran Nano, Prospektif Untuk Dikembangkan

Majalah Farmasetika – Peneliti mengatakan bahwa NanoSTING, dapat digunakan dan disimpan tanpa perlu dibekukan hingga …

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.