5 Tips Setelah Divaksin COVID-19 Agar Perlindungan Makin Optimal

Majalah Farmasetika – Vaksin merupakan agen biologi yang menimbulkan respon imun terhadap antigen spesifik yang berasal dari infeksi patogen penyakit. Banyak jenis vaksin dan kandungannya yang dibuat untuk memberikan perlindungan tubuh manusia dari penyakit berbahaya salah satunya dari penyakit yang disebabkan oleh Corona virus.

Dimasa pandemic Covid-19 ini masyarakat diharuskan untuk melakukan vaksinasi. Selain menjadi regulasi dan aturan dari pemerintah tentunya untuk melindungi kita dari paparan virus Covid-19 yang mengancam jiwa dan juga orang disekitar Anda.

Lalu apa sih manfaat memahami 5 tips berikut setelah mendapatkan vaksinasi? Yuk, simak ulasan berikut ini!

  1. Berpikir Positif

Berpikir positif merupakan salah satu cara dapat memberikan efek menyenangkan terutama pada suasana hati sehingga menciptakan energi baru dalam diri terutama saat menjalani masa pandemik saat ini.

“Pikiran positif ini dapat memancing keluarnya hormon yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, misalnya hormon dopamin dan serotonin yang sangat berguna bagi tubuh,” kata Mulia Sri Dewi, M.Si.,Seorang Dosen Psikolog.

  1. Mengonsumsi Nutrisi Untuk Tubuh

Seperti halnya mobil yang dapat berjalan karena adanya bensin, begitupun daya tahan tubuh. Agar daya tahan tubuh tetap terjaga, Anda disarankan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi seperti dengan mengonsumsi makana yang mengandung vitamin, protein, mineral, selama 1 minggu setelah mendapatkan vaksin.

Selain itu mobil juga membutuhkan hal hal penunjang seperti oli. Sama halnya tubuh selain mengonsumsi makan bergizi untuk menjaga kekutana sistem imun dapat dilakukan dengan mengonsumsi suplemen tambahan.

  1. Minum Banyak Air

Dengan banyak minum air bisa membantu tubuh memproses respons imun dari vaksin Covid-19 “Hidrasi penting untuk fungsi sistem kekebalan anda, sehingga akan membantu tubuh Anda mengembangkan respons yang lebih baik terhadap vaksin,” kata Fuller.

  1. Istirahat Yang Cukup

Waktu istirahat yang cukup sangat penting dengan mempertahankan rutinitas pola tidur yang teratur terlebih setelah menjalani vaksin Covid-19. Pastikan Anda tidak bergadang karena dapat berakibat buruk pada kesehatan tubuh.

Baca :  Jepang Mulai Uji Klinik Akhir Obat Avigan Untuk COVID-19

Menurut National Sleep Foundation, seorang manusia dewasa setidaknya membutuhkan waktu untuk tidur selama kurang lebih 7-9 jam dalam sehari. Maka dari itu, istirahat yang cukup merupakan cara simpel saat proses meningkatkan imun tubuh.

  1. Hindari Olahraga Berlebihan

Dikutip oleh seorang ahli di National Institute of Health “Olahraga dapat merangsang kinerja antibodi serta sel-sel darah putih. Sehingga kegiatan ini sangat cocok jika dilakukan pada masa pandemi guna meningkatkan sistem imun dalam tubuh”.

Olahraga sangat penting untuk ketahanan tubuh terutama pada masa pandemik akan tetapi Anda tidak perlu memaksakan diri untuk berolahraga terutama setelah vaksinasi jika tubuh tidak sanggup.

Masih banyak lagi tips lain yang dapat dilakukan setelah vaksin Covid-19. Selain vaksinasi protokol kesehatan dengan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak) juga harus tetap diterapkan dalam masa pandemik Covid-19 saat ini. Semoga bermanfaat.

REFERENSI

Czochor, J., dan Audrey, T., 2014, Vaccines, Yale Journal Of Biologi and Medicine.

Pengaruh Berpikir Positif Terhadap Imunitas Tubuh Selama Masa Pandemi

Share this:

About Uchy Damayanti

Mahasiswi fakultas farmasi

Check Also

Probiotik Multispesies Bantu Cegah Diare Anak dengan Terapi Antibiotik

Majalah Farmasetika – Probiotik yang mengandung delapan jenis mikroorganisme hidup yang bermanfaat dapat membantu mencegah …

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.